api di bukit menoreh 92

Ki Waskita tersenyum. Katanya, ”Itu memang lebih baik. Tetapi aku kira, aku akan dapat mendahuluinya, karena kebetulan aku mempunyai kepentingan yang lain.”

Swandaru memandang gurunya sekilas. Namun ia pun menyadari bahwa ia tidak akan dapat mencegahnya jika memang itu dikehendaki oleh Ki Waskita.

Dalam pada itu, maka Ki Waskita pun berkata, ”Karena itu, jika Kiai berdua dan murid-murid Kiai sependapat, aku akan minta diri pula kepada Ki Demang.”

“Tentu kami tidak akan dapat menahan Ki Waskita. Mudah-mudahan perjalanan Ki Waskita tidak menamui kesulitan apapun kelak. Dan aku kira, memang ada baiknya Ki Waskita singgah di Mataram. Jika Raden Sutayijaya masih belum kembali, Ki Lurah Branjangan dapat juga agaknya diberitahu tentang kemungkinan yang kita lihat di Tambak Wedi,” berkata Kiai Gringsing.

Ki Waskita mengangguk-angguk.

“Dan apakah Ki Waskita akan segera berangkat besok, atau pada hari-hari yang masih akan dipilih?”

“Aku akan berangkat besok pagi-pagi benar Kiai.”

“Untuk seterusnya kita akan bertemu di Tanah Perdikan Me¬noreh. Begitu Ki Waskita?” bertanya Ki Sumangkar.

“Ya begitulah. Kita akan berpisah untuk sementara. Mungkin tenagaku dapat dipergunakan di Tanah Perdikan Menoreh. Aku adalah orang yang paling cakap menganyam tarub dipadukuhanku,” jawab Ki Waskita.

“Ah, tentu tidak. Tidak ada orang yang berani minta Ki Waskita untuk menganyam tarup,” desis Ki Sumangkar.

“Kenapa? Aku memang senang menganyam tarub ditempat peralatan. Seandainya tidak ada orang yang minta sekalipun, aku akan melakukannya.”

Ki Sumangkar tersenyum. Katanya, ”Beruntunglah Pandan Wangi dan Swandaru. Yang menganyam tarub disaat-saat perkawinannya adalah Ki Waskita.”

Ki Waskita pun tertawa. Sementara Kiai Gringsing berkata, ”Mudah-mudahan merupakan pertanda baik bagi kedua pengantin.”

Swandaru hanya menundukkan kepalanya saja, sedang Agung Sedayu mulai dipengaruhi oleh bayangan tentang dirinya sendiri.

“Apakah saat-saat perkawinanku kelak akan mendapat perhatian dari orang-orang yang memiliki kelebihan seperti Ki Waskita, Ki Sumangkar dan Guru? Apakah menjelang saat-saat perkawinan itu kelak, Ki Demang Sangkal Putung juga mengadakan persiapan seperti sekarang ini, dan kemudian dihari yang kelima, sepasang pengantin itu akan dirayakan pula di Jati Anom?” pertanyaan-pertanyaan itu mulai bergejolak didalam hatinya.

Tetapi Agung Sedayu berusaha untuk melepaskan kesan itu dari wajahnya, sehingga tidak seorangpun yang sempat memperhatikannya.

Dalam pada itu, Ki Waskita pun kemudian berkata, ”Nanti malam aku akan minta diri kepada Ki Demang.”

“Baiklah Ki Waskita,” berkala Kiai Gringsing kemudian, ”kita akan berpisah sampai hari-hari perkawinan Swandaru. Tetapi mungkin setelah itu. Meskipun sebenarnya kepentingan terbesar adalah Raden Sutawijaya. namun sudah tentu, kita yang sudah terlanjur terpercik dan menjadi basah pula karenanya, tidak akan dapat begitu saja melepaskan diri dari persoalan ini.“

Ki Waskita mengangguk-angguk. Katanya, ”Sudah tentu Kiai. Aku akan tetap menyediakan diri. Meskipun mungkin aku masih akan memerlukan beberapa waktu untuk tinggal dirumah, bertemu dengan sanak kadang. Tetapi jika sudah cukup aku lakukan sebelum hari-hari perkawinan, maka aku pun akan segera dapat membantu Mataram, menurut kemampuanku.”

“Tentu. Mataram akan berterima kasih. Mudah-mudahan selama saat-saat menjelang hari perkawinan Swandaru tidak terjadi sesuatu yang dapat menunda apalagi membatalkan perkawinan itu,” desis Kiai Gringsing.

“Tentu tidak,” sahut Ki Waskita. Namun nampak sedikit perubahan diwajahnya.

Namun dalam pada itu, baik Kiai Gringsing maupun Ki Sumangkar sama sekali tidak bertanya lebih lanjut, justru karena mereka tidak ingin Swandaru mendengar kecemasan orang-orang tua tentang dirinya seperti yang dilihat oleh Ki Waskita sebagai wajah-wajah yang buram.

Demikianlah, dimalam harinya ketika mereka selesai makan bersama di pendapa dengan Ki

Demang dan beberapa orang bebahu Kademangan yang hadir pula. Ki Waskita menyatakan maksudnya kepada Ki Demang Sangkal Putung, untuk pergi mendahului ke Menoreh.

“Sebenarnya, yang penting adalah kepentingan diri sendiri saja,” berkata Ki Waskita, ”tetapi supaya perjalananku ada juga gunanya, maka aku menawarkan diri untuk menjadi perintis jalan bagi mempelai yang akan segera berangkat pula ke Menoreh karena waktunya memang sudah menjadi semakin dekat.”

Ki Demang mengangguk-angguk. Karena Ki Waskita mengemukakan alasannya dengan berterus terang, maka Ki Demang pun tidak dapat mencegahnya.

“Ki Waskita,” berkata Ki Demang, ”tentu aku tidak dapat berusaha untuk menunda perjalanan itu. Bahkan aku mengucapkan banyak terima kasih karena Ki Waskita bersedia singgah di Tanah Perdikan Menoreh, untuk membawa pesan yang barangkali perlu aku sampaikan kepada Ki Argapati.”

“Ya. Demikianlah agaknya Ki Demang.”

Ki Demang pun mengangguk-angguk. Ia pun kemudian berunding dengan beberapa orang tua di Sangkal Putung. Namun mereka pun kemudian mengambil kesimpulan, bahwa tidak ada pesan-pesan bahwa semuanya akan berlangsung sesuai dengan rencana.

“Baiklah Ki Demang,” berkata Ki Waskita kemudian, ”aku akan menyampaikannya kepada Ki Gede Menoreh, bahwa semuanya di Sangkal Putung telah berjalan sesuai dengan rencana. Sedangkan Anak mas Swandaru akan datang di Menoreh bersama pengiringnya dalam pakaiannya sehari-hari, sehingga disepanjang jalan yang panjang ini perjalanannya tidak terganggu justru oleh pakaian pengantinnya. Demikian pula pada saat kedua pengantin itu kelak diboyong ke Sangkal Putung.”

“Pengantin laki-laki akan datang tiga hari sebelum hari perkawinan,” desis Ki Demang.

Tetapi seorang tua yang rambut dan janggutnya sudah memutih bertanya, ”Tiga atau lima Ki Demang?”

“Bukankah kita bersepakat untuk berangkat lima hari sebelumnya dan kita akan sampai ke Tanah Perdikan Menoreh tiga hari sebelum hari perkawinan.“

“Tidak perlu disebut begitu, sebab kita tidak akan bermalam dua malam diperjalanan. Kita hanya akan bermalam satu malam saja di Mataram. Dihari berikutnya kita akan sampai di Tanah Perdikan Menoreh meskipun setelah matahari melampaui pusatnya ditengah hari.”

Ki Demang mengangguk-angguk. Katanya, ”Baiklah. Kita hanya mengatakan kepada Ki Ageng Menoreh, bahwa kita akan berangkat lima hari sebelumnya dan akan bermalam satu malam diperjalanan.”

“Demikianlah,” berkata orang tua itu, ”apakah itu akan disebut empat hari sebelumnya atau tiga hari sebelumnya.”

Ki Waskita mengangguk-angguk. Katanya, ”Baiklah Ki Demang. Aku akan menyampaikan seperti apa yang Ki Demang pesankan.”

“Tetapi sudah tentu sekaligus,” berkata Kiai Gringsing, ”Ki Waskita akan menjadi duta menghadap Ki Lurah Branjangan di Mataram. Bukankah dengan demikian, akan mengurangi kesibukan kami disini, karena pada suatu saat kami tentu akan mengirim orang ke Mataram untuk mohon diperkenankan bermalam satu malam meskipun Raden Sutawijaya tidak ada?”

Ki Demang tertawa. Katanya, ”Aku sebenarnya agak segan untuk berpesan terlalu banyak, karena dengan demikian aku akan membebani penjalanan Ki Waskita dengan persoalan-persoalan yang sebenarnya hanya akan mengganggu perjalanannya.”

“Ah, tentu tidak Ki Demang. Aku akan singgah di Mataram. Dan aku akan menyampaikannya kepada Ki Lurah Branjangan, keinginan Ki Demang untuk mendapat kesempatan bagi pengantin dan pengiringnya, bermalam satu malam di Mataram.”

“Aku mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga Ki Waskita,” desis Ki Demang.

Ki Waskita pun kemudian mohon diri pula kepada para bebahu dan keluarga Ki Demang di Sangkal Putung, bahwa besok pada pagi-pagi benar ia akan meninggalkan Sangkal Putung bersama anaknya kembali pulang dan singgah di Mataram dan Menoreh untuk menyampaikan pesan Ki Demang Sangkal Putung.

Hampir semua orang telah berpesan kepada Ki Waskita, agar mereka berdua dengan anaknya berhati-hati disepanjang perjalanan.

“Masa ini adalah masa yang tidak dapat diperhitungkan sebaik-baiknya Ki Waskita,” berkata seorang yang berkumis lebat, tetapi sudah mulai ditumbuhi warna keputih-putihan, ”kadang-kadang kita tidak mengerti apa yang akan terjadi sebentar nanti. Apalagi setelah Tambak Wedi dihancurkan. Mungkin ada sekelompok orang Tambak Wedi yang tercerai dari kawan-kawannya dan melakukan perbuatan yang dapat menghambat setiap perjalanan. Termasuk perjalanan Ki Waskita.”

Ki Waskita mengangguk-angguk. Katanya, ”Baik Kiai. Aku akan berhati-hati. Aku akan mencari kesempatan melintasi daerah-daerah sepi, di Tambak Baya misalnya, bersama beberapa orang yang sekarang telah mulai banyak melintas didaerah itu. Baik ia menuju ke Mataram, Pliridan, Mangir, Menoreh, maupun sebaliknya menuju ke Pajang.”

“Dan jalan yang ramai itu akan dapat menjadi daerah jelajah yang subur bagi mereka yang kehilangan pegangan.”

Ki Waskita termenung sejenak. Kemudian sambil tersenyum ia berkata, ”Memang mungkin. Tetapi semakin banyak orang yang lewat jalan itu, maka aku kira justru akan menjadi semakin aman, karena orang-orang yang bermaksud jahat harus mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat timbul dari antara mereka, yang berada dijalan itu.”

Kiai Gringsing dan Ki Sumangkar mengangguk-angguk. Sementara Ki Demang berkata, ”Ki Waskita, mungkin dapat juga disampaikan kepada Ki Gede Menoreh, bahwa kami akan datang dalam jumlah yang barangkali cukup banyak. Selain sanak kadang yang ingin melihat tanah Tanah Perdikan Menoleh, juga untuk menjaga segala kemungkinan yang dapat terjadi diperjalanan.”

“Baiklah Ki Demang. Apakah Ki Demang dapat menyebut berapakah kira-kira jumlah sesepuh Sangkal Putung dan pengiring yang lain itu?“

Diluar sadarnya Ki Demang memandang kearah Kiai Gringsing seolah-olah ingin mendapatkan pertimbangan.

Kiai Gringsing yang mengetahuinya, bahwa Ki Demang tidak dapat menjawab pertanyaan itu, mencoba untuk membantunya, ”Ki Waskita, aku kira hanya pengiring laki-laki sajalah yang akan ikut ke Tanah Perdikan Menoreh. Dua atau tiga orang sesepuh, dan yang lain adalah anak-anak muda kawan-kawan Swandaru. Bukan sekedar kawan bermain, tetapi juga kawan bertempur sejak daerah ini masih terancam berbagai macam bahaya.”

Ki Waskita mengerti maksud Kiai Gringsing. Namun ia masih bertanya, ”Jumlahnya?”

“Kira-kira dua puluh atau dua puluh lima. Bukankah begitu Ki Demang?”

Ki Demang mengangguk-angguk. Katanya, ”Ya Kiai. Kira-kira sebanyak itu.”

“Tidak terlalu banyak,” berkata Ki Waskita, ”Dipadukuhanku pengantin laki-laki kadang-kadang diiringi oleh empat puluh orang beramai-ramai menuju kerumah pengantin perempuan.”

“Tetapi sudah dengan pakaian pengantin, membawa sepasang jodang berisi makanan dan kelengkapan sarana yang lain. Berbeda dengan perjalanan Swandaru. Semuanya masih dalam keadaan seperti sehari-hari. Kelengkapan pengantin akan dicari di Tanah Perdikan Menoreh. Juga jodang dan isinya.”

“Tidak apa-apa. Rumah Ki Gede Menoreh cukup luas. Gandoknya disebelah kanan dan kiri. Kemudian rumah samping dan ruang-ruang didalam rumahnya. Jika masih kurang, maka setiap rumah akan dapat dipergunakan untuk menginap berapapun jum¬lahnya. Apalagi hanya dua puluh lima orang,” desis Ki Waskita, ”juga perabotnya cukup, dan apalagi persediaan jamuan. Sudah¬lah, tidak akan ada yang mengecewakan. Namun demikian, aku akan mengatakannya juga. Bukan saja persediaan selengkapnya di padukuhan induk, namun juga dijalan-jalan. Dihari-hari panjang. Dari ujung Tanah Perdikan sampai ke padukuhan induk.”
Ki Demang tertawa. Katanya, ”Terima kasih. Jika Mataram juga berbuat demikian, maka aku akan berterima kasih sekali.”
“Apakah aku juga harus mengatakannya kepada Ki Lurah Branjangan?” bertanya Ki Waskita.
“Ah, tentu tidak. Apakah artinya perjalanan Swandaru itu bagi Mataram. Tentu kami tidak akan dapat berbuat deksura seperti itu.”
Ki Waskita tersenyum. Katanya, “Tentu bukan suatu sikap deksura. Jika Swandaru dan Agung Sedayu bersama gurunya belum penuh berbuat sesuatu untuk Mataram, maka sudah barang tentu hal itu dapat dianggap suatu sikap deksura. Apalagi setelah Raden Sutawijaya mendapat gelar Senapati Ing Ngalaga.”
“Ah, sudahlah,” potong Kiai Gringsing, ”aku kira disepanjang jalan diwilayah Mataram, tidak akan terjadi sesuatu. Meskipun Tambak Baya masih berupa hutan belukar. Atas keyakinan itu pula maka aku berani melintasinya, meskipun harus menunggu iring-iringan yang lewat.”
“Ah,” Ki Demang berdesah, ”Ki Waskita terlampau merendahkan diri. Seisi hutan Tambak Baya akan merunduk jika mereka tahu siapakah yang lewat, yang mampu berbuat sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh orang lain.”
“Ah, Ki Demang memuji,” Ki Waskita tertawa.
Demikianlah, maka mereka masih sempat berbicara dan berke¬lakar. Baru kemudian setelah jauh malam, Ki Waskita pun meninggalkan pendapa bersama Kiai Gringsing dan Ki Sumangkar. Besok pagi-pagi benar Ki Waskita dan Rudita akan meninggalkan Sangkal Putung menuju ke Mataram, dan seterusnya ke Tanah Perdikan Menoreh.
Digandok, Ki Waskita pun segera merebahkan dirinya. Ia ingin beristirahat, setelah dalam beberapa hari ia disibukkan oleh hilang¬nya Rudita, dan kemudian disusul dengan peperangan yang meng¬getarkan lereng Gunung Merapi.
Tetapi ternyata Ki Waskita tidak dapat segera tidur. Ia mulai membayangkan gerakan pasukan Kiai Kalasa Sawit yang meninggalkan lereng sebelah Timur Gunung Merapi. Jika pasukan itu meling¬kar, kemudian menyusup hutan-hutan lebat dilembah antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, maka pasukan itu akan muncul disebelah Barat Gunung Merapi. Mereka dapat melanjutkan gerakan ke Barat atau ke Selatan.
Dada Ki Waskita berdesir. Ia teringat kepada beberapa orang yang melintasi Kali Praga lewat tlatah Tanah Perdikan Menoreh me¬nuju ke Barat
“Apakah mereka akan menuju ke Utara, dan pada suatu saat bertemu dengan pasukan Kiai Kalasa Sawit?” pertanyaan itu timbul di hati Ki Waskita. Lalu, ”Meskipun cara mereka berbeda, na¬mun ternyata bahwa kedua pusaka itu pada suatu saat akan diper¬temukan oleh orang-orang yang membawanya ke arah yang berlainan itu.”
Tiba-tiba dada Ki Waskita menjadi semakin berdebar-debar. Terbayang olehnya, beberapa orang yang memiliki kemampuan yang tinggi, setingkat dengan Kiai Kalasa Sawit dan Kiai Jalawaja, bahkan Panembahan Agung dan Panembahan Alit, pada suatu saat berkumpul untuk mempertemukan pusaka-pusaka yang hilang dari Mataram itu.
Dan tempat yang mereka pilih justru adalah Tanah Perdikan Menoleh.
Ki Waskta menarik nafas dalam-dalam. Kepada dirinya sendiri ia berkata, ”Tentu bukan Tanah Perdikan Menoreh. Daerah itu memiliki kemampuan yang akan dapat mengganggu pertemuan itu, jika benar akan diadakan pertemuan serupa itu.”
Tetapi Ki Waskita pun tidak dapat menjamin, bahwa mereka tidak akan memilih Tanah Perdikan Menoreh.
“Bagaimana dibekas Padepokan Panembahan Agung? Kiai Kalasa Sawit memilih Padepokan Tambak Wedi untuk singgah dan tinggal beberapa lamanya,” katanya didalam hati, ”sehingga ada kemungkinan mereka mempergunakan Padepokan Panembahan Agung sebagai tempat untuk mempertemukan kedua pusaka itu dengan pembicaraan-pembicaraan tentang hari depan mereka yang me¬rasa dirinya keturunan Majapahit dan mempunyai wewenang atas Kerajaan yang untuk beberapa saat berada ditangan Sultan di Pajang.”
Tetapi Ki Waskita sama sekali tidak menyatakan isi hatinya yang bergejolak itu. Ia masih saia tetap berbaring diam dipembaringan, betapapun hatinya bagaikan menerawang seisi bumi.
Namun ternyata kegelisahan serupa itu, ada juga dihati orang-orang lain yang mengetahuinya. Kiai Gringsing, kedua murid-muridnya dan Ki Sumangkar. Hanya Rudita sajalah yang sama sekali ti¬dak mengacuhkannya, dan karena itu, ia pun tidur dengan nye¬nyaknya.
Meskipun ada beberapa perbedaan, namun ada juga persama¬an dugaan antara orang-orang tua itu. Mereka pun membayangkan lembah antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dan mereka¬ pun membayangkan orang-orang yang menyeberangi Kali Praga telah bergeser ke Utara. Bahkan mereka pun seolah-olah telah menyentuh dengan angan-angan Padepokan Panembahan Agung di ujung pegunungan.
Tetapi ketika malam menjadi semakin dalam, justru setelah menjelang dini hari, orang-orang tua itu pun sempat juga tidur ba¬rang sejenak. Namun ketika fajar mulai menyingsing, mereka pun telah terbangun.
Ki Waskita segera mempersiapkan diri. Demikian pula Rudita. Meskipun agaknya Rudita merasa segan untuk pulang, karena ke-inginannya untuk merantau ketempat yang belum pernah dikunjungi masih saja menyala didadanya, namun ayahnya telah memintanya dengan sunggub-sungguh agar Rudita mengunjungi ibunya lebih dahulu.
Demikianlah, menjelang matahari naik keatas cakrawala, maka Ki Waskita dan Rudita pun minta diri sekali lagi kepada Ki Demang dan keluarganya, Kiai Gringsing dan murid-muridnya serta Ki Sumangkar, juga para bebahu yang sengaja ingin mengantarkan keberangkatan Ki Waskita.
Dengan berkendaraan masing-masing seekor kuda yang tegar, mereka pun kemudian meninggalkan Kademangan Sangkal Putung menuju ke Barat.
Semula terbcrsit pula keinginan Ki Waskita untuk melakukan petualangan dengan menempuh jalan yang berbahaya dilembah an¬tara Gunung Merapi dan Merbabu. Tetapi ketika ia teringat bahwa ia membawa pesan untuk Mataram, maka maksudnya itu pun diba¬talkannya. Apalagi ketika disadarinya bahwa kawannya kali ini adalan seorang yang aneh. Rudita tentu bersikap lain dengan sikap yang dikehendakinya apabila ia bertemu dengan bahaya diperjalanan.
Karena itulah, maka Ki Waskita memutuskan untuk menempuh jalan yang paling aman. Lewat jalan yang sudah menjadi semakin ramai, meskipun harus melintasi Alas Tambak Baya.
Orang-orang Sangkal Putung melepas Ki Waskita dan Rudita dengan hati yang berdebar-debar. Bukan saja karena daerah di le¬reng Merapi yang baru saja dilanda kekisruhan, yang memang mungkin sekali akan meluap ke Selatan, tetapi juga karena Ki Waakita membawa pesan-pesan bagi Mataram dan Tanah Perdikan Menoreh dalam hubungannya dengan hari perkawinan Swandaru.
“Tetapi ia orang linuwih,” desis Ki Demang, ”ia tentu dapat mengatasi kesulitan apapun diperjalanan.”
Kiai Gringsing yang mendengar desis itu pun mengangguk kecil. Katanya, ”Apalagi jalan memang sudah menjadi bertambah ramai dan aman. Jika tidak ada sesuatu yang tiba-tiba saja meledak didaerah Tambak Baya atau diujung Tanah Mataram yang sudah menjadi tanah yang ramai, maka perjalanan Ki Waskita tidak akan menjumpai kesulitan apapun juga.”
“Mudah-mudahan. Dan mudah-mudahan hal itu berlaku pu¬la bagi iring-iringan pengantin beberapa hari lagi.”
“Beberapa hari lagi?” bertanya Kiai Gringsing.
“Ya. Tidak ada sebulan lagi.”
Kiai Gringsing mengangguk-angguk. Hari-hari berlalu dengan cepatnya. Saat perkawinan itu memang sudah tidak ada se¬bulan lagi. Karena itu, maka segala persiapan memang harus sudah selesai. Pada waktunya tidak akan ada persoalan-persoalan lain yang akan dapat menghambat hari perkawinan itu. Apalagi jarak yang akan ditempuh adalah jarak yang cukup jauh bagi iring-iringan pengantin.
“Iring-iringan pengantin yang akan melalui daerah yang ber¬golak,” berkata Kiai Gringsing didalam hatinya.
Dalam pada itu, Ki Waskita dan Rudita pun berpacu semakin cepat. Ada kegembiraan dihati anak muda itu ketika mereka me¬lintasi bulak-bulak yang panjang, sawah yang subur dan hijau, dan angin pagi yang mengelus wajahnya yang jernih.
Dengan gembira ia melihat beberapa orang yang berada di tengan tengah sawahnya. Laki-laki dan perempuan. Bahkan anak-anak yang riang duduk diatas punggung kerbau.
“Itulah kehidupan yang wajar,” tiba-tiba saja ia berdesis
Ayahnya berpaling kepadanya. Sambil mengerutkan keningnya ia bertanya, ”Apa yang kau katakan Rudita?”
“Kehidupan yang wajar Ayah. Lihatlah, betapa damainya ha¬ti melihat anak-anak yang menggembalakan kerbaunya. Mereka du¬duk diatas punggung kerbau sambil bermain seruling. Yang lain me¬nyabit rumput sambil berdendang. Sedangkan orang tua mereka me¬ngerjakan sawahnya dengan tenang. Mencangkul, menanam padi dan menyianginya. Jika padi itu kelak berbuah, maka buahnya akan menjadi makanan bagi banyak orang.”
“Ya Rudita. Itulah kehidupan yang wajar, yang diinginkan oleh setiap orang, khususnya setiap petani.”
“Jika para petani dapat mengerjakan sawahnya dan hidup tenang, maka para pedagangpun akan terpengaruh pula Ayah. Mere¬ka dapat menjual dagangannya dengan baik. Juga para prajurit akan dapat menikmati hidup mereka dalam suasana yang damai. Para pe¬mimpin pemerintahan tidak menjadi pening oleh kesulitan hidup rakyatnya, lahir dan batinnya.”
“Ya, kau benar Rudita.”
Rudita merenung scejenak. Namun kemudian katanya dengan nada rendah, ”Tetapi Ayah, kenapa kadang-kadang kehidup¬an yang tenang damai itu harus dirusakkan?”
Ki Waskita sudah menduga, bahwa akhirnya pertanyaan yang demikian itu akan terlontar dari mulut anaknya. Karena itu, ia telah menyusun jawabnya, ”Alangkah jahatnya orang yang merusak kedamaian itu.”
“Dan Ayah pun kadang-kadang terlibat pula didalamnya?”
”Rudita,” berkata ayahnya yang sudah menduga pula akan datangnya pertanyaan itu, ”apakah kau dapat membedakan, orang yang merusak kedamaian itu dan orang yang ingin mempertahankan kedamaian itu?”
Rudita menarik nafas dalam-dalam. Katanya, ”Setiap kali aku selalu menjumpai sifat yang penuh curiga seperti itu. Ayah, kapan Ayah tidak lagi mencurigai sesama?”
Pertanyaan itulah yang tidak diduganya. Karena itu, untuk beberapa saat Ki Waskita tidak menjawabnya.
Dalam pada itu Rudita berkata selanjutnya, ”Dalam waswas dan curiga, seseorang mempersiapkan dirinya untuk melakukan ke¬kerasan. Ia bersiaga untuk melindungi kedamaian yang menurut dugaannya yang dibayangi oleh kecurigaan dan waswas itu selalu ter¬ancam. Tetapi kesiagaannya itu telah mengundang kecurigaan orang lain pula terhadapnya.”
“Rudita,” berkata ayahnya kemudian, ”aku ingin dapat berpikir, bertindak dan bertingkah laku seperti kau. Tetapi aku tidak mampu. Aku masih dipengaruhi oleh ketakutan, kecemasan, dan karena itu aku masih selalu dibayangi oleh kecurigaan, dan was¬was. Namun barangkali kau akan dapat mengembangkannya terus. Dan aku dapat mengerti. Jika saatnya nanti datang, sikapmu itu te¬lah menjadi sikap banyak orang, maka kita akan sampai pada suatu masa yang di rindukan oleh setiap manusia.”
Rudita mengerutkan keningnya. Namun kemudian kepalanya tertunduk dalam-dalam, seolah-olah ia sedang merenungi batu-batu kerikil yang bertebaran disepanjang jalan dibawah kaki kudanya.
“Ayah,” ia berdesis, ”apakah menurut perhitungan Ayah, atau katakanlah penglihatan isyarat Ayah, dunia ini akan mengalami suatu masa dimana orang tidak saling bercuriga, saling mengganggu, dan apalagi saling bermusuhan dengan bekal kekerasan dan den¬dam?”


Pertanyaan itu pun sama sekali tidak diduga oleh Ki Waskita. Namun ia menjawab juga, ”Aku tidak dapat memperhitungkan Rudita. Dan aku tidak dapat melihat dalam isyarat, apa yang akan terjadi dimasa mendatang. Peradaban manusia semakin lama menjadi semakin maju. Orang akan menjadi semakin pandai dan menemukan berbagai macam alat yang belum pernah dikenal sebelum¬nya. Tetapi aku tidak tahu, apakah hati manusia juga menjadi se¬makin lembut atau justru sebaliknya. Rudita, jika semula manusia tidak mengenal bercocok tanam, dan kini kita sudah sampai pada suatu jaman di mana kita dapat mempergunakan cangkul dan bajak untuk mengerjakan sawah dengan hasil yang semakin berlipat, na¬mun itu tidak berarti bahwa kita menjadi semakin tenang dalam limpahan makan yang kecukupan.”
Rudita mengangguk-angguk.
“Perkembangan kemajuan berpikir manusia, melahirkan alat-alat yang dapat mempermudah tata hidupnya. Tetapi sejalan dengan itu, manusiapun melahirkan alat-alat untuk melakukan tindak kekerasan. Kini jenis senjata menjadi semakin banyak. Jika semula kita mem¬pergunakan batu yang kita lontarkan dalam ujudnya sejenis dengan bandil, sekarang kita mengenal busur dan anak panah. Mungkin dimasa mendatang manusia akan mengenal jenis-jenis alat pembunuh yang lebih dahsyat lagi.”
“Jika demikian, menurut Ayah, maka manusia tidak sedang berjalan menuju ke dalam kehidupan yang lebih tenang, tetapi seba¬liknya.”
Ki Waskita menarik nafas dalam-dalam. Katanya, ”Tidak seorangpun yang dapat mengatakannya Rudita. Tetapi tetaplah pada keyakinanmu, karena dalam kecemasan, curiga dan waswas, setiap manusia masih tetap merindukan perdamaian, ketenangan dan kehi¬dupan wajar seperti yang kita lihat secuwil dari seluruh wajah kehi¬dupan ini.”
Rudita mengangguk-angguk. Katanya, ”Ya, kita melihat satu sudut kehidupan. Tetapi jika kita melihat sudut yang lain, kita akan menjadi ngeri karenanya.”
Ki Waskita mengangguk-angguk. Ia mengerti, bahwa yang dikatakan oleh Rudita itu memang benar. Rudita adalah anak muda yang pernah mengalami perasaan takut yang hampir setiap saat mencengkamnya. Karena itulah maka ia dapat merasakan dengan sedalam-dalamnya perasaan takut yang menghantui orang-orang lain. Dan perabaan, takut adalah perasaan yang paling menyiksa da¬lam hidup seseorang.
Tetapi pada saat manusia sedang bergulat mempertahankan di¬rinya dari sesamanya yang sedang dicengkam oleh nafsu dan keta¬makan, maka sikap Rudita rasa-rasanya adalah sikap yang sulit un¬tuk dimengerti. Dengan demikian maka Rudita rasa-rasanya menja¬di orang asing diantara sesama manusia.
Karena ayahnya tidak menjawab, maka Rudita pun untuk bebe¬rapa lamanya berdiam diri pula. Kuda mereka masih berpacu meyelusuri jalan-jalan dibulak panjang.
“Jika kita tidak melihat warna kehidupan disudut lain, rasa-rasanya hidup didaerah ini memang menyenangkan sekali,” berka¬ta Rudita didalam hatinya. Tetapi jika ia mengenang pertempuran yang diceriterakan ayahnya dilereng Merapi tidak jauh dari tempat itu, maka bulu-bulunyapun meremang. Rudita tidak lagi menjadi ke¬takutan karena dirinya sendiri. Tetapi ia ngeri membayangkan beta¬pa perasaan takut itu mencengkam anak-anak dan perempuan di¬lereng Merapi itu.
“Dan tentu akan menjalar sampai ketempat yang jauh. Bahkan akan bercampur-baur dengan persoalan-persoalan lain yang da¬pat tumbuh di Mataram dan Pajang,” katanya kepada diri sendiri.
Tetapi ia masih tetap berdiam diri.
Sejenak kemudian, maka perjalanan mereka pun menjadi semalkin lambat. Dihadapan mereka terbentang hutan yang masih cukup lebat meskipun ditengah-tengah hutan itu telah berhasil dibuat se¬buah jalan yang cukup rata, menusuk langsung menembus hutan itu sampai ke telalah Alas Mentaok dan Mataram.
“Jalan ini nampaknya agak sepi,“ berkata Ki Waskita, ”kita belum bertemu atau mendahului seseorang.“
Rudita menggeleng. Jawabnya, ”Tidak Ayah. Jalan ini tentu tidak sepi. Seandainya jalan ia memang tidak sedang dilalui orang, namun jalan ini tidak akan menumbuhkan hambatan apapun atas perjalanan kita.”
“Kau yakin?”
“Jika jalan ini tidak aman Ayah, maka aku kira sawah-sawah di sebelah menyebelah jalan ini pun tidak akan digarap oleh pemi¬liknya. Tetapi sawah disebelah menyebelah jalan ini, bahkan sam¬pai ke hutan perdu dipinggir Alas Tambak Baya itu nampaknya di¬garap dengan baik.”
Ayahnya mengangguk-angguk. Ia sependapat dengan Rudita. Tetapi dalam keadaan yang lain, yang betapapun juga, Rudita memang selalu berprasangka baik. Ia sama sekali tidak menyesal meskipun dengan demikian akibatnya kadang-kadang tidak mengun¬tungkan baginya. Namun ia tetap pada sikapnya.
Demikianlah mereka berduapun berpacu terus mendekati Alas Tambak Baya. Namun seperti yang dikatakan oleh Rudita, jalan itu memang tidak terlalu sepi. Mereka melihat dua orang berkuda dari arah yang berlawanan. Keduanya muncul dari mulut lorong di Alas Tambak Baya yang masih nampak lebat dan besar
“Kita berhenti sejenak dimulut jalan yang memasuki hutan itu,” berkata Ki Waskita.
Rudita mengangguk-angguk. Katanya, ”Aku sebenarnya juga haus.”
“Dipinggir jalan sebelum hutan perdu itu terdapat sebuah warung. Jika tidak terjadi sesuatu, warung itu tentu masih ada.”
Rudita masih mengangguk-angguk. Tetapi kemudian ia berta-nya, ”Apakah penjual diwarung itu tidak takut kepada binatang buas yang mungkin sekali-sekali keluar dari Alas Tambak Baya?”
“Mereka tentu sudah bersedia menghadapi kemungkinan itu. Apalagi jalan menjadi semakin ramai,” jawab ayahnya.
“Binatang hutan tidak memiliki perkembangan akal budi. Itu¬lah sebabnya maka ada kemungkinan yang buruk dapat terjadi ka¬rena tingkah lakunya.”
Ki Waskita menarik nafas dalam-dalam. Hampir saja ia me¬ngatakan bahwa yang berbahaya justru orang-orang yang bermak¬sud buruk. Tetapi jika ia mengatakannya juga, maka Rudita tentu akan tersinggung.
Karena itu, maka Ki Waskita pun hanya mengangguk-angguk saja. la tidak mengucapkan kata-kata yang sudah hampir terloncat dari bibirnya itu.
Ketika mereka menjadi semakin dekat, maka ternyata mereka masih menemukan warung itu ditempatnya. Ki Waskita pun kemudian mengajak Rudita untuk berhenti sejenak. Mereka masih sempat me¬neguk beberapa mangkuk dawet dan beberapa potong makanan sambil menunggu orang-orang lain yang akan lewat. Dengan demi¬kian maka mereka mempunyai kawan melintasi Alas Tambak Baya.
“Kenapa harus menunggu Ayah?” bertanya Rudita, ”nanti kita kemalaman dijalan.”
“Tidak apa-apa. Tetapi melintas Alas Tambak Baya lebih baik berkawan. Bukan karena takut. Tetapi rasa-rasanya sepi sekali.”
Rudita mengangguk-angguk lagi.
Ki Waskita menggigit bibirnya. Rasa-rasanya jawabannya sudah benar. Jika ia mempergunakan alasan-alasan lain, maka akan segera timbul persoalan lagi pada diri anaknya.
Bahkan Rudita pun kemudian berkata, ”Jalan ini memang seperti sebuah terowongan yang panjang. Menarik sekali. Tetapi se¬bentar lagi akan menjadi sangat gelap. Lebih gelap dari suasana diluar hutan.”
“Sudah tentu Rudita. Sinar matahari seolah-olah dibatasi oleh rimbunnya dedaunan hutan. Tetapi tidak apa. Kita masih mempunyai waktu yang cukup.”
Rudita mengangguk-angguk. Sekali-sekali ia memandang jalan yang panjang didepan warung itu. Jalan yang melintas ditengah-tengah sa¬wah dan kemudian menyusup ketengah-tengah hutan.
Ternyata kemudian beberapa orangpun telah singgah pula diwarung itu. Mereka juga menuju ke Barat, memasuki hutan Tambak Baya.
Namun nampak diwajah mereka, bahwa Tambak Baya bukan lagi hantu yang menakutkan,
Ki Waskita dan Rudita pun kemudian mempersiapkan diri untuk meneruskan perjalanannya bersama orang-orang itu. Tetapi Ki Waskita kemudian mengambil keputusan untuk tidak saling menegur dengan mereka. Setiap percakapan sesuai dengan pendapat dan sikap seseorang, tentu akan terasa asing bagi Rudita dan sebaliknya.
“Apakah kita akan pergi bersama mereka Ayah?” bertanya Rudita, ketika mereka sudah keluar dari warung itu.
”Ya.”
“Tetapi Ayah tidak menegur mereka dan bertanya, kemana mereka akan pergi.”
Ayahnya menarik nafas. Jawabnya, ”Tidak Rudita. Kadang-kadang memang timbul keinginan untuk saling menegur dengan orang lain. Tetapi kadang-kadang kita merasa bahwa kita tidak ingin diganggu oleh pertanyaan-pertanyaan yang barangkali tidak kita me¬ngerti jawabnya.”
Rudita menarik nafas. Katanya, ”Jadi apakah untungnya kita menunggu kawan yang tidak kita kenal? Semula Ayah ingin meme¬cahkan kesepian diperjalanan.”
“Jika kita merasa bahwa perjalanan kita tidak sendiri, rasa-rasanya kita sudah menjadi tidak terlampau kesepian, meskipun kita tidak saling menegur.”
Ada sesuatu yang tersirat dimata Rudita. Tetapi Rudita tidak mengatakannya. Namun yang tidak dikatakannya itu seolah-olah dapat dibaca oleh Ki Waskita, ”Ayah telah dicengkam kecurigaan itu lagi. Apakah terkejut kepada kemungkinan hadirnya beberapa orang penyamun, atau kepada orang-orang yang bersama pergi ke Mataram atau ke arah lain yang melintasi Alas Tambak Baya.”
Ki Waskita termangu-mangu sejenak. Namun kemudian ia ti¬dak mengambil sikap apapun juga. Ia tetap pada pendiriannya. Le¬bih baik Rudita menganggapnya bersalah daripada harus berbantah dengan orang lain yang sama sekali tidak memahami sikap dan ja¬lan pikiran anaknya, seperti juga anaknya tidak dapat memahami sikap dan jalan pikiran orang lain.
Dengan demikian, maka Ki Waskita dan Rudita pun hanya se¬kedar berkuda dibelakang iring-iringan yang menuju ke arah yang sama. Mereka berpacu secepat orang-orang lain yang berada dihadapan mereka.
Tetapi dengan demikian, beberapa orang berkuda yang menda¬hului kedua ayah dan anaknya itulah yang justru bertanya-tanya didalam hati mereka. Dua orang berkuda dibelakang mereka, se¬akan-akan tidak mau bergabung dengan mereka, dan bahkan meng¬ikuti iring-iringan yang melintasi Alas Tambak Baya itu.
Tetapi orang-orang itu pun kemudian tidak menghiraukannya lagi. Dua orang itu tentu tidak akan dapat berbuat apa-apa atas me¬reka yang beriringan dalam jumlah yang lebih banyak.
Dengan demikian maka mereka pun kemudian melintasi Alas Tambak Baya tanpa mengalami gangguan apapun. Tambak Baya telah benar-benar menjadi aman. Mereka memasuki daerah diseberang hutan itu dengan hati yang lega. Tetapi, mereka masih tetap dalam iring-iringan menuju ke Alas Tambak Baya yang lebih lebat, tetapi yang sebagian sudah dibuka menjadi daerah tempat tinggal. Menjadi padukuhan dan padesan dengan tanah persawahan yang sudah dapat menghasilkan. Parit-parit yang menelusuri pematang, membuat tanah itu menjadi subur dan hijau disepanjang tahun, meskipun musimnya sedang kering.
“Kita sudah memasuki Tanah Mataram yang mulai ramai dan besar,” berkata Ki Waskita.
Rudita mengangguk-angguk. Tetapi ia tidak menjawab.
Ki Waskita mengerutkan keningnya. Sekilas ia memandang wa¬jah anaknya yang berkerut merut. Namun kemudian ia pun kembali memandang ke depan. Ke jalan yang menjelujur dihadapan kaki kudanya. Seakan-akan dilihatnya langit yang sudah menjadi semakin suram.

”Rudita tentu sedang memikirkan perkembangan Mataram,” berkata Ki Waskita didalam hati.
Belum lagi Ki Waskita sampai pada suatu kesimpulan, ia sudah mendengar Rudita bertanya, ”Apakah usaha Raden Sutawijaya membuka Alas Mentaok itu bijaksana Ayah?”
Ki Waskita termenung sejenak. Namun ialah yang kemudian bertanya, ”Kenapa?”
“Apakah dengan demikian tidak akan timbul persoalan dengan Pajang?”
“Kenapa? Kanjeng Sultan sudah menyerahkan Alas Mentaok ini kepada Ki Gede Pemanahan, ayahanda Raden Sutawijaya. Adalah hak Raden Sutawijaya untuk membuka hutan ini. Bahkan kemudian ia menerima anugerah gelar Senapati Ing Ngalaga yang berkedudukan di Mataram.”
Rudita memandang ayahnya sekilas. Lalu, ”Mudah-mudahan memang tidak. Setiap pertentangan membuat hati menjadi sedih. Ceritera yang pernah aku dengar tentang Matarampun membuat aku cemas.”
“Rudita,” berkata ayahnya, ”kau menganggap aku selalu mencurigai orang lain. Tetapi apakah sikapmu itu justru bukan sikap mencurigai. Justru berlebih-lebihan? Kau selalu cemas dan sedih jika kau menghadapi kemungkinan timbulnya pertentangan. Apakah dengan demikian bukan justru dihatimu sendiri telah tumbuh per¬tentangan itu?”
Rudita termenung sejenak. Namun kemudian ia pun tersenyum. Dipandanginya ayahnya sejenak, lalu jawabnya, ”Ayah. Aku ada¬lah salah satu dari sekian banyak manusia yang lemah dan jauh da¬ripada sempurna. Jika Ayah sependapat, maka yang ada didaiam ha¬tiku bukanlah kecurigaan. Tetapi ketakutan dan kecemasan. Masih seperti dahulu. Hatiku selalu dibayangi oleh angan-angan yang me¬nyeramkan. Mungkin yang dapat Ayah lihat perbedaan yang ada pada diriku adalah semata-mata keadaan lahiriah. Aku kini memang tidak menakutkan dan mencemaskan diriku sendiri dalam arti yang terbatas sekali. Karena sebenarnyalah ketakutanku tentang diriku sendiri itu pun belum berubah. Ternyata dengan usahaku mempela¬jari ilmu yang terdapat didalam lontar Ayah, agar aku dapat melin¬dungi diriku sendiri, itu adalah kelemahanku yang paling nampak seperti yang pernah aku katakan. Tetapi lebih daripada itu, aku se¬karang justru dibebani pula oleh ketakutan dan kecemasan, bahwa setiap saat sifat manusia disekitarku selalu menumbuhkan persoalan persoalan diantara mereka sendiri. Persoalan-persoalan yang sama sekali tidak menumbuhkan perkembangan kepribadian, paradaban dan usaha-usaha yang dapat bermanfaat bagi hidup dan kehidupan mereka. Tetapi justru sebaliknya. Persoalan-persoalan yang dapat menumbuhkan keributan, pertentangan dan bahkan pembunuhan. Persoalan yang akan dapat meruntuhkan pribadi mereka sebagai manusia dan juga peradaban yang bermanfaat bagi hidup kehidupan.”
Ki Waskita menarik nafas dalam-dalam. Ia tidak menjawab la¬gi. Tetapi ia mencoba untuk mengerti dan mengangguk-anggukkan kepalanya.
Dengan demikian maka mereka untuk seterusnya tidak lagi ba¬nyak berbicara. Ki Waskita yang mencoba mengerti jalan pikiran anaknya, masih saja dibayangi oleh berbagai macam masalah yang sulit dipecahkan. Namun dalam beberapa hal ia sudah dapat me¬nangkapnya.
Demikianlah maka perjalanan mereka pun semakin lama men¬jadi semakin mendekati padukuhan induk yang menjadi pusat peme¬rintahan di Mataram. Padukuhan yang menjadi semakin ramai dan sudah mekar menjadi sebuah kota yang diputari oleh dinding batu yang rapi, dengan empat buah regol diempat penjuru, ditambah lagi beberapa regol butulan yang lebih kecil.
Tetapi perkembangan kota itu ternyata menjadi jauh lebih pesat dari yang diduga semula. Diluar dliding batupun kemudian berkembang pula bagian-bagian kota yang cukup ramai pula, sehingga Mataram harus merencanakan membuat batasan kota yang lebih lu¬as lagi dengan regol-regol baru pula. Namun agaknya Mataram ma¬sih harus menunggu. Apalagi sejak Raden Sutawijaya yang bergelar Senapati Ing Ngalaga dan berkedudukan di Mataram itu sedang me¬lakukan sebuah pengembaraan untuk menempa dirinya.
Sebelum matahari lenyap dibalik cakrawala, Ki Waskita dan Rudita telah berada diujung jalan yang memasuki bagian luar dari Mataram. Sejenak mereka termangu-mangu. Wajah senja yang membayang dilangit membuat Mataram nampak suram.
“Kita akan langsung masuk ke dalam regol,” berkata Ki Waskita yang masih terhenti ditengah jalan.
Rudita mengangguk-angguk. Katanya, ”Kota ini akan semakin berkembang Ayah.”
“Ya. Mudah-mudahan tidak ada persoalan yang akan menghambanya.”
Ki Waskita menjadi berdebar-debar ketika ia melihat wajah anak-nya yang berkerut. Tetapi ternyata Rudita tidak mengatakan sesuatu.
“Marilah,” berkata Ki Waskita, ”kita memasuki kota.”
Keduanyapun kemudian melanjutkan perjalanan mereka yang sudah menjadi semakin pendek. Ketika mereka mendekati regol, maka beberapa orang sudah nampak menyalakan lampu minyak diregol halaman masing-masing. Sedangkan dari celah-celah dinding rumah-rumah itu pun cahaya lampu nampak berkeredipan disentuh angin senja.
Langitpun semakin lama menjadi semakin suram. Sementara lampupun rasa-rasanya menjadi semakin banyak menyala disepani jang jalan.
Regol kota Mataram masih tetap terbuka, dan bahkan selalu terbuka, sesuai dengan sifat kotanya yang memang terbuka. Meskipun demikian, diregol itu nampak beberapa orang pengawal yang berjaga-jaga. Disebuah gardu disebelah regol itu, beberapa orang penga¬wal duduk dan bercakap-cakap diantara mereka. Sedang dua orang diantara para pengawal itu siap berdiri dikedua sisi regol itu dengan tombak ditangan.
Tetapi para pengawai itu tidak pernah menegur dan menyapa orang-orang yang lalu lalang masuk keluar regol kecuali mereka yang memang dapat menumbuhkan kecurigaan.
Demikianlah Ki Waskita dan Rudita pun langsung menuju ke rumah Raden Sutawijaya, yang ditunggui oleh beberapa orang penga¬wal kepercayaan Senapati Ing Ngalaga, termasuk Ki Lurah Branjangan.
Kedatangan Ki Waskita diterima dengan senang hati oleh para pemimpin di Mataram. Kunjungan itu rasa-rasanya merupakan kun-jungan yang dapat sedikit memberikan suasana yang lain bagi para pemimpin di Mataram.
Setelah saling menyapa tentang keselamatan masing-masing maka Ki Waskita dan Rudita yang duduk dipendapa itu pun kemu¬dian dipersilakan meneguk minuman panas dan sekedar makanan yang telah dihidangkan.
“Aku hanya sekedar singgah,” berkata Ki Waskita, ”aku sedang dalam perjalanan pulang, mengantarkan anakku yang selama ini membingungkan hati ibunya.”
“O,” para pemimpin itu mengangguk-angguk. Namun kembali Ki Waskita menjadi berdebar-debar melihat sikap Rudita.
Tetapi ternyata Rudita tidak mengatakan sesuatu. Bahkan ia menundukkan wajahnya yang menjadi kemerah-merahan, karena setiap orang telah memandanginya.
“Jika Ki Waskita telah beristirahat sejenak, telah minum dan sekedar makanan, maka kami persilahkan Ki Waskita pergi ke pakiwan bersama dengan putera Ki Waskita. Kami persilahkan berdua mempergunakan gandok sebelah, apabila Ki Waskita akan berganti pakaian dan untuk beristirahat malam nanti. Sementara kami me¬nunggu Ki Waskita dan Angger Rudita untuk makan malam bersa¬ma,” berkata Ki Lurah Branjangan.
Ki Waskita tertawa. Katanya, ”Aku selalu membuat repot sa¬ja disini.”
Ki Lurah tertawa pula. Jawabnya, ”Kami biasa menyediakan makan dan minum untuk banyak orang. Jika Ki Waskita berdua de¬ngan Anakmas Rudita menambah jumlah itu dengan dua, maka aku kira tidak akan banyak berpengaruh.”
Demikianlah Ki Waskita dan Rudita segera diantar ke gandok. Mereka pun kemudian pergi ke pakiwan untuk membersihkan diri. Baru kemudian mereka berdua naik lagi ke pendapa. Dipendapa ter¬nyata sudah disediakan sederet hidangan makan malam. Bukan ha¬nya untuk Ki Waskita dan Rudita, tetapi juga untuk para pemimpin Mataram yang lain yang kebetulan ada dirumah itu bersama para pemimpin pengawal.
Sejenak kemudian, maka mereka pun segera makan bersama. Sambil berbicara serba sedikit tentang kemajuan Mataram sepening¬gal Raden Sutawijaya.
Tetapi Ki Waskita sendiri tidak banyak menanggapi pembica¬raan mereka, seolah-olah ia sedang menikmati hidangan yang ada dihadapanniya itu sebaik-baiknya.
Bahkan kemudian setelah mereka selesai makan malam, Ki Waskita pun berkata, ”Maaf Ki Lurah. Barangkali anakku masih terlalu lelah. Biarlah ia minta diri untuk segera beristirahat.”
“O, silahkan. Silahkan Ngger,” berkata Ki Lurah Branjangan.
Rudita, yang mendengar kata-kata ayahnya itu justru menjadi heran. Ia sama sekali tidak merasa lelah. Dan sebenarnya ia masih ingin duduk untuk mendengarkan pembicaraan tentang Tanah Ma¬taram yang sedang berkembang itu.
“Marilah Rudita,” berkata ayahnya, lalu katanya kepada Ki Lurah Branjangan, ”aku masih akan berbicara dengan Ki Lurah meskipun hanya sekedar bergurau.”
Rudita tidak menjawab. Ia pun kemudian mengikuti ayahnya pergi ke gandok.
“Aku sama sekali tidak lelah,” berkata Rudita ketika mereka sudah berada di gandok.
“Aku tahu Rudita. Kau sama sekali tidak lelah dan tidak mengantuk. Apalagi ingin beristirahat. Tetapi untuk sementara, sebaiknya kau beristirahat,” sahut ayahnya, ”aku minta maaf bahwa pembicaraan untuk selanjutnya tentu tidak akan sesuai dengan jalan pikiranmu. Karena itu, lebih baik kau tidak ikut mendengar¬nya seperti sikap yang pernah kau lakukan di Sangkal Putung,” ayahnya berhenti sejenak, lalu, ”itu agaknya memang lebih baik bagimu. Kau sama sekali tidak akah dibebani oleh perasaan bersa¬lah atau bahkan seperti yang kau sebutketakutan dan kecemasan.”
Rudita menarik nafas dalam-dalam. Tetapi ia pun kemudian mengangguk sambil bergumam, ”Baiklah Ayah. Aku akan berba¬ring saja dipembaringan.”
Ayahnya menarik nafas. Tetapi agaknya itulah yang paling baik bagi anaknya.
Sejenak kemudian maka ditinggalkannya Rudita sendiri didalam gandok. Meskipun ia agak ragu-ragu, tetapi dipaksanya juga keputusannya untuk tidak membawa Rudita didalam pembicaraan tentang pusaka-pusaka yang hilang dari Mataram itu.
Sementara Ki Waskita masuk kedaiam bilik, agaknya Ki Lurah Branjangan pun dapat menangkap pula maksud yang lain, yang ter¬sirat dari sikap itu. Agaknya Ki Waskita ingin berbicara tentang sesuatu tanpa didengar oleh banyak orang.
Karena itu, maka Ki Lurah pun mempersilahkan para pemim¬pin itu untuk kembali ke tugas masing masing, atau pulang untuk beristirahat.
Karena itulah, ketika Ki Waskita kembali ke pendapa, yang ada tinggallah beberapa orang yang memang sudah mengetahui bahwa kedua pusaka yang menjadi pertanda jabatan dan kekuasaan Mata¬ram telah hilang.
Dipendapa, maka Ki Waskita pun mulai menceriterakan apa yang telah terjadi di Jati Anom. Ia menceriterakan semua segi per¬soalan yang diketahuinya. Juga tentang sikap Untara, dan kemung¬kinan bahwa Pajang memang belum mendengar bahwa kedua pusa¬ka itu hilang dari Mataram.
“Tetapi pada suatu saat, orang-orang yang berhasil mengam¬bil itu sendirilah yang akan membuka rahasia hilangnya kedua pu¬saka itu,” berkata Ki Lurah Branjangan kemudian.
“Jika kita berhasil segera mendapatkannya kembali, maka mereka tidak akan dapat mengatakan apapun juga.”
Ki Lurah mengangguk-angguk. Peristiwa di Jati Anom itu sa¬ngat menarik perhatiannya.
“Sayang, Raden Sutawijaya masih belum kembali.”
“Dimanakah Raden Sutawijaya sekarang? Barangkali telah ada kabar dari Raden Sutawijaya berada di Pegunungan Sewu. Ka¬mi memang sudah membuat hubungan. Dan kami pun telah membe¬ritahukan, bahwa puteranya ingin sekali bertemu untuk melihat wa¬jahnya.”
“Puteranya?”
“Ya. Masih terlalu kecil. Puteranya dengan gadis Kalinyamat itu.”
Ki Waskita menarik nafas dalam-dalam.
“Mereka ada disini sekarang, ibu dan puteranya.”
Ki Waskita menarik nafas dalam-dalam. Tetapi ia tidak berta¬nya lebih lanjut tentang puteri dari Kalinyamat dan puteranya itu.
Ki Lurah Branjangan pun agaknya tidak lagi ingin memperbin-cangkan puteri Kalinyamat itu. Karena itulah maka ia pun kemudian kembali pada pokok persoalannya. Katanya, ”jadi apakah menu¬rut Ki Waskita, pusaka itu sekarang masih ada disekitar Gunung Merapi?”
“Ya Ki Lurah.”
“Apakah kita dapat mengirimkan sepasukan pengawal Mata¬ram untuk menemukan mereka? Jika akibatnya kita harus ber¬tempur seperti prajurit Pajang, maka kita tidak akan undur. Pusaka itu sudah sepantasnya direbut dengan pengorbanan.”
Ki Waskita menarik nafas dalam-dalam. Untunglah bahwa Rudita tidak ikut berbicara diantara mereka.
“Ki Lurah,” berkata Ki Waskita, “kita sudah tertinggal beberapa hari. Dengan demikian, maka banyak kemungkinan dapat terjadi. Juga kemungkinan bahwa Kiai Kalasa Sawit telah me¬ninggalkan daerah Gunung Merapi sejauh-jauhnya. Namun katakan¬lah bahwa dugaanku benar, bahwa Kiai Kalasa Sawit masih berada disekitar Gunung Merapi. Maka usaha untuk menemukannyapun agaknya terlampau sulit.”
“Mungkin sangat sulit Ki Waskita. Tetapi tanpa usaha apapun juga, kita juga tidak akan berhasil.”
“Untuk melakukannya, agaknya kita harus memperhitungkan Pajang pula. Jika pasukan pengawal Mataram bertemu dengan prajurit-prajurit Pajang, maka persoalannya akan berubah.”
“Kita melakukan tugas kita masing-masing,” jawab Ki Lurah.
“Tetapi Pajang merasa berkuwajiban untuk menjaga dan melindungi seluruh wilayah Pajang. Panglima muda dibagian Selatah ini pun tentu berpendirian demikian pula.”
”Tetapi jangan lupa Ki Waskita,” berkata Ki Lurah Branjangan, ”Raden Sutawijaya adalah putera Kanjeng Sultan Pajang yang mendapat anugerah gelar dan jabatan Senapati Ing Ngalaga yang berkedudukan di Mataram.”
Ki Waskita mengangguk-angguk. Tetapi ia pun kemudian ber-tanya, ”Tetapi Ki Lurah. Apakah anugerah yang diterima oleh Raden Sutawijaya itu disertai dengan ketentuan lebih lanjut atas tugas dan daerah wewenangnya? Jika Kiai Kalasa Sawit katakanlah masih berada dilereng Gunung Merapi disisi manapun juga, apakah kekuasaan Senapati Ing Ngalaga mempunyai wewenang untuk me¬lakukan tindakan sesuatu atas mereka? Apa pula hubungannya de¬ngan kekuasaan prajurit Pajang didaerah itu yang masih belum di¬cabut wewenangnya?”
Ki Lurah Branjangan menarik nafas dalam-dalam. Wajahnya perlahan-lahan tertunduk. Dengan nada yang datar ia bergumam, ”Itulah yang masih kurang sekarang ini. Anugerah gelar dan jabatan atas Raden Sutawijaya yang tidak disertai kepastian tugas dan wewenang. Sedangkan yang disebut Mataram pun masih belum pasti. Yang dihadiahkan kepada Ki Gede Pemanahan adalah Alas Mantaok. Tetapi ternyata negeri yang menjadi ramai ini tidak hanya di¬batasi oleh dinding hutan yang sekarang sudah hampir seluruhnya ditebang.
“Dengan demikian Ki Lurah,” sahut Ki Waskita kemudian, “persoalan orang-orang yang berada dilereng Gunung Merapi itu pun masih harus dipertimbangkan masak-masak, sehingga satu sama lain tidak akan saling menyinggung.”
Ki Lurah Branjangan mengangguk-angguk. Katanya, ”Ki Was¬kita benar. Kita memang tidak dapat bertindak tergesa-gesa. Untara adalah seorang Panglima yang teguh pada sikap dan pendirian se¬orang prajurit. Tetapi jika Untara mendesaknya dari Timur meskipun seandainya Kiai Kalasa Sawit berada dicelah-celah antara Gu¬nung Merapi dan Merbabu, kemudian mereka terdorong ke Barat, maka atas persetujuan Untara, kami dapat bertindak atas mereka.”
“Agaknya hal itu dapat dilakukan. Sementara Untara tidak mengetahui bahwa Kiai Kalasa Sawit membawa sebuah pusaka yang sangat berharga bagi Mataram.”
“Kami akan mencoba menghubungi Untara. Mudah-mudahan Untara tidak salah paham.”
“Dalam hal ini agaknya peran Kiai Gringsing akan dapat membantu,” desis Ki Waskita.
“O, tentu. Kiai Gringsing masih mendapat kepercayaan dari semua pihak. Apalagi jika Untara mengenal tanda-tanda yang terpa¬hat pada tubuh Kiai Gringsing, khususnya dipergelangan tangannya.”
“Tetapi,” berkata Ki Waskita kemudian, ”saat ini Kiai Gringsing sedang disibukkan oleh rencana perkawinan muridnya. Swandaru. Agaknya kini ia menyisihkan waktunya untuk keperluan tersebut. Perkawinan itu hanya tinggal beberapa hari saja lagi. Tidak sampai sebulan.”
“O,” Ki Lurah Branjangan mengangguk-angguk. Namun kemudian katanya meskipun agak ragu-ragu, ”Kiai Gringsing akan dapat memilih kesempatan. Persoalan yang dihadapi Mataram tentu merupakan persoalan bagi suatu lingkungan dan anak keturunannya. Kelangsungan hidup dan harga diri. Sedang perkawinan adalah ma¬salah pribadi semata-mata. Apalagi dalam keadaan suka.”
Ki Waskita mengerutkah keningnya. Kemudian ia pun berkata, “Ki Lurah benar. Tetapi jika kita menghitung seluruh tahun pada umur-umur Kiai Gringsing, berapa lama dalam perbandingan keseluruhan Kiai Gringsing mementingkan kepentingan pribadinya terma¬suk murid-muridnya?”
Ki Lurah Branjangan seolah-olah tersadar dari mimpinya. Dengan serta merta ia berkata, ”Maaf aku keliru Ki Waskita. Jika Kiai Gringsing ada, aku wajib minta maaf kepadanya.”
Ki Waskita tersenyum Katanya, ”Ia tidak mendengar. Karena itu Ki Lurah tidak perlu minta maaf kepadanya.”
Ki Lurah Branjangan tertawa. Namun nampak pada sorot ma¬tanya bahwa ia benar-benar telah menyesal.
“Ki Lurah,” berkata Ki Waskita kemudian, ”hendaknya yang kami beritahukan tentang pusaka itu dapat dijadikan bahan yang barangkali akan membantu mengungkapkan usaha penemuan¬nya. Selebihnya, kami masih belum dapat mengatakan apa-apa. Setelah perkawinan Angger Swandaru itu berlangsung, maka kami akan da¬pat menilai, apakah yang sebaiknya kami lakukan.”
Ki Lurah mengangguk-angguk. Katanya, ”Aku mengucapkan terima kasih Ki Waskita. Dan aku pun benar-benar ingin minta maaf. Aku telah salah menilai bantuan dan jasa yang tidak ada taranya dari Ki Waskita, Kiai Gringsing dan Ki Sumangkar. Juga Ki Argapati di Menoreh. Terutama pada saat kita bersama-sama menghan¬curkan Panembahan Agung dan Panembahan Alit.”
“Kita saling membutuhkan bantuan,” jawab Ki Waskita.
“Disaat-saat mendatang, kami tentu masih banyak memerlu¬kan bantuan.”
“Sudah tentu kami tidak akan berkeberatan Ki Lurah. Tetapi dalam batas kemampuan kami.”
Ki Lurah Branjangan menarik nafas dalam-dalam. Sejenak mereka saling berdiam. Seolah-olah mereka sedang me¬nilai semua peristiwa yang pernah terjadi.
Namun dalam pada itu, sejenak kemudian Ki Waskita berkata, ”Ki Lurah. Selain semua pesan yang sudah aku sampaikan ten¬tang pusaka itu, aku masih membawa pesan yang lain dari Ki Demang di Sangkal Putung.”
“O,” Ki Lurah mengerutkan dahinya. ”Apakah pesan itu juga menyinggung pusaka-pusaka yang hilang itu atau perkembangan Mataram selanjutnya?”
Ki Waskita menggelengkan kepalanya. Lalu katanya, ”Sama sekali tidak ada hubungannya dengan pusaka-pusaka itu Ki Lurah. Tetapi justru mengenai perkawinan Angger Swandaru.”
Ki Lurah memperhatikan kata-kata Ki Waskita dengan saksa¬ma.
Ki Waskita pun kemudian menyampaikan pesan Ki Demang, untuk mohon bermalam barang satu malam, pada saat Swandaru bersama pengiringnya pergi ke Tanah Perdikan Menoreh.
Ki Lurah yang mendengarkan pesan itu dengan tegang, akhir¬nya tertawa. Katanya, ”Aku sudah berdebar-debar. Tetapi pesan ini ternyata menggembirakan sekali. Tempat yang dipilih untuk sing¬gah pengantin, apalagi untuk bermalam, tentu akan mendapatkan kurnia yang sepadan,” ia berhenti sejenak, lalu, ”tentu kami sama sekali tidak berkeberatan. Apa yang dapat kami sediakan akan kami siapkan disini.”
“Ki Demang tentu akan sangat berterima kasih. Aku pun ber¬terima kasih pula, bahwa tugas yang dipesankan kepadaku ternyata berbasil dengan baik.”
“Bukankah Ki Waskita tidak pernah gagal menjalankan tusas apapun juga?”
Ki Waskita tertawa. Tetapi ia menyahut, ”Khususnya mengurus hari-hari perkawinan.”
Yang mendengarnya tertawa pula, sehingga pembicaraan itu pun kemudian dilanjutkan dengan gurau yang segar, meskipun ka¬dang-kadang menyentuh juga tentang pusaka-pusaka yang hilang.
Rudita yang berada didalam biliknya mencoba untuk dapat benar-benar beristirahat. Dicobanya untuk memejamkan matanya. Na¬mun ternyata bahwa ia masih saja selalu gelisah. Dan kegelisahan¬nya itu adalah pertanda, bahwa belum ada kedamaian didalam hati¬nya sendiri.
“Alangkah lemahnya hati manusia,” desisnya.
Sekali-sekali ia menarik nafas dalam-dalam. Ketika terdengar suara tertawa dipendapa, Rudita mengerutkan keningnya. Diluar sa¬darnya ia pun tersenyum. Agaknya orang-orang yang berada dipen¬dapa itu tidak sedang dicengkam oleh ketegangan dalam pembicara¬an mengenai pusaka-pusaka yang hilang itu.
“Sukurlah jika mereka tidak sedang membicarakan sikap kekerasan,” katanya didalam hati.
Namun demikian, terasa sebuah desir yang tajam tergores dihatinya. Ia mulai merasa semakin terasing dari pergaulan sesamanya karena agaknya sikap dan pendiriannya masih belum dapat di¬mengerti oleh orang lain. Bahkan ayahnya sendiri telah membiarkannya berbaring seorang diri didalam bilik itu, sementara dipen¬dapa beberapa orang duduk dan saling mengutarakan pikiran dan pengalamannya yang agaknya langsung atau tidak langsung me¬nyangkut pusaka-pusaka yang hilang itu, sebelum mereka menemukan suasana yang terang.
Tetapi Rudita tidak menyesali sikapnya. Yang disesali adalah kekebalan hati sesama yang tidak dapat mengerti sikap dan pendi¬riannya.
Meskipun demikian Rudita berusaha untuk tetap mengerti bahwa,ia tidak akan dapat merombak wajah lingkungannya dengan cepat. Karena itu ia harus berbuat menurut keyakinannya tanpa me¬ngenal lelah dan jemu. Meskipun akibatnya akan dapat menjadi se¬makin parah. Mungkin ia akan terasing sama sekali. Namun pada suatu saat, manusia akan mengakui, bahwa kedamaian yang sejati, tidak terletak pada kekuatan yang berlimpah-limpah dan tidak ter¬kalahkan. Tetapi kedamaian yang sejati terletak didalam hati. Si¬kap, tingkah laku, kata-kata dan angan-angan yang memancarkan kedamaian dihati itu akan memberikan ketenteraman yang sejuk dan langgeng, karena dengan demikian tidak akan ada sikap, angan-angan dan kata-kata yang bersifat permusuhan, curiga dan memen¬tingkan diri sendiri.
”Aku masih harus menunggu lama sekali,” berkata Rudita di dalam hati, ”bahkan mungkin sepanjang umurku, atau bah¬kan sebaliknya, akan menjadi semakin jauh.“
Tetapi Rudita dengan sadar akan tetap berjalan diatas jalan yang telah dirintisnya. Apapun akibatnya. Keterasingan dan barangkali ia justru akan kehilangan arti sama sekali.
Ternyata Rudita masih tetap belum tertidur ketika ayahnya memasuki bilik itu setelah menjadi lelah berbicara dan berkelakar dengan para pemimpin Mataram, justru yang paling penting. Namun agaknya ada beberapa hal yang dapat dianggap sebagai keterangan yang penting bagi Mataram, yang pantas dilaporkan kepada Raden Sutawijaya dengan segera.
“Agaknya Raden Sutawijaya telah terlibat dalam persoalan yang sama seperti yang pernah terjadi atas gadis Kalinyamat itu,” bekata Ki Lurah Branjangan didalam hatinya.
Beberapa hari yang lewat seorang penghubung berhasil mene¬mui Raden Sutawijaya di Pegunungan Sewu. Penghubung itulah yang menceriterakan, bahwa agaknya persoalan yang telah pernah terjadi itu, terjadi sekali lagi.
Tetapi Ki Lurah yans masih belum tahu dengan pasti, apakah cerita itu benar, masih belum berani mengatakannya kepada siapa¬pun juga. Bahkan ia berpesan kepada penghubung itu, bahwa sebaik¬nya ia tidak mengatakannya kepada orang lain.
“Jika benar hal itu terjadi, maka alangkah sedihnya Semangkin yang pernah dinamakan Rara Pamikatsih oleh Ki Gede Pema¬nahan, karena gadis itu bersama adiknya Prihatin yang kemudian disebut Rara Pamilutsih berhasil menarik perhatian, dan bahkan meruntuhkan hati Sultan Pajang, sehingga dengan serta merta ia menyanggupkan diri untuk mengalahkan Jipang.” Ki Lurah Branjangan selalu dikejar oleh angan-angannya tentang Raden Sutawijaya dan tingkah lakunya menghadapi gadis-gadis.
Dalam pada itu, ternyata bahwa Rudita dan ayahnya tidak lagi banyak beibicara. Agaknya Ki Waskita telah dengan sengaja mem¬batasi setiap pembicaraan yang kadang-kadang dapat menumbuhkan persoalan dan justru salah paham.
Karena itulah, maka ia pun kemudian membaringkan diri dipembaringan sambil bergumam, ”Aku lelah sekali Rudita. Aku akan mencoba tidur senyenyaknya. Apakah kau tidak mengantuk?”
“Aku pun ingin tidur nyenyak Ayah. Tetapi agaknya aku me¬mang belum mengantuk. Tetapi jika Ayah ingin segera tidur, silahkanlah. Aku pun tentu akan tertidur pula nanti.”
Ayahnya tidak menjawab. Dipejamkannya matanya sambil menyilangkan tangan didadanya. Sejenak kemudian maka nafasnyapun beredar dengan teratur.
Rudita memperhatikan tarikan nafas ayahnya sejenak. Tetapi ia tersenyum sendiri. Ia tahu bahwa ayahnya tidak tidur. Meskipun demikian ia sama sekali tidak mau mengusiknya lagi.
Namun lambat laun, keduanya yang saling berdiam diri dipembaringan itu pun akhirnya tertidur juga. Meskipun tidak terlalu lama, karena mereka segera terbangun ketika mereka mendengar ayam berkokok dini hari.
Seperti yang direncanakan, maka pada pagi itu juga, Ki Was¬kita dan Rudita mohon diri untuk meneruskan perjalanan. Beberapa persoalan yang menyangkut pusaka-pusaka yang hilang itu masih disinggung sedikit oleh Ki Lurah. Namun kemudian mereka lebih banyak berbicara tentang rencana Ki Demang untuk singgah di Ma¬taram pada saat mereka membawa Swandaru ke Tanah Perdikan Menoreh.
Dengan diantar oleh Ki Lurah Branjangan dan beberapa orane pemimpin Menoreh sampai ke regol, maka Ki Waskita dan Rudita meninggalkan rumah Raden Sutawijaya yang menjadi pusat peme-rintahan di Mataram itu.
Ketika matahari kemudian naik semakin tinggi, maka kuda Ki Waskita dan Rudita meninggalkan kota Mataram yang berkembang dengan pesat. Mereka menempuh bulak yang panjang dan subur. Bulak yang baru beberapa kali menghasilkan padi dan palawija, se¬telah hutan diatas tanah itu ditebang.
“Mataram akan menjadi sangat subur,” berkata Ki Waskita seolah-olah kepada diri sendiri.
Rudita berpaling kepadanya. Kepalanya terangguk lemah. Ka-tanya, ”Ya. Mataram akan menjadi sangat subur.”
Sambil menatap batang-batang padi yang hijau maka kuda me¬reka itu pun berlari terus. Tidak terlampau kencang, karena mereka rasa-rasanya memang sedang menikmati angin pagi diatas Tanah Mataram.
Namun demikian perjalanan mereka itu pun semakin lama men¬jadi semakin dekat dengan Kali Praga. Kali yang cukup luas dengan airnya yang berwarna lumpur. Apalagi apabila hujan dilereng gunung menghanyutkan guguran tanah masuk kedalam arus air yang semakin deras.
Jalan yang menuju ke daerah penyeberangan di Kali Praga su¬dah menjadi semakin ramai. Jalan menuju ke Tanah Perdikan Me¬noreh, dan daerah yang lebih jauh lagi disebelah Barat, menjadi semakin ramai pula dilalui orang. Para pedagangpun hilir mudik de¬ngan dagangan masing-masing. Barang-barang yang dapat ditukar¬kan dengan hasil bumi maupun alat-alat pertanian yang dibuat di daerah yang lain.
Ki Waskita dan Rudita berpacu terus. Rasa-rasanya sinar ma¬tahari menjadi semakin panas dan menggigit kulit seperti gigitan se¬mut yang gatal.
Namun diperjalanan tidak banyak persoalan yang mereka te¬mui. Bersama-sama dengan beberapa orang lain yang lewat mereka menyeberang Kali Praga dengan perahu. Agaknya para tukang satang telah berani turun ke sungai, setelah beberapa lama tidak terjadi lagi bencana yang menimpa mereka dan kawan-kawan mereka disepanjang daerah penyeberangan itu.
Demikianlah, maka setelah beberapa kali beristirahat untuk memberi minum dan makan bagi kuda-kudanya, keduanyapun menjadi semakin dekat dengan padukuhan induk.
Ketika dua orang pengawal yang sedang nganglang mengawasi keamanan daerah Tanah Perdikan Menoreh melihatnya, dan yang kebetulan sudah mengenal Ki Waskita, maka mereka berduapun segera membawanya langsung menuju ke rumah Ki Argapati. Bahkan salah seorang dari keduanyapun mendahului untuk memberitahukan kehadiran Ki Waskita.
Ki Argapati menjadi berdebar-debar. Ki Waskita, menurut pe-ngertiannya, telah pergi ke Sangkal Putung bersama Kiai Gringsing dan Ki Sumangkar untuk mencari anaknya yang pergi dari rumahnya, sekaligus membawa pesan-pesannya mengenai persoalan hari-kari perkawinan Pandan Wangi.
“Ia hanya berdua dengan puteranya yang manja itu,” desis pengawal itu.
Ki Argapati menarik nafas dalam-dalam. Katanya, ”Jadi anak itu sudah dapat diketemukannya.”
Demikianlah, maka sejenak kemudian Ki Waskita dan Rudita pun memasuki halaman rumah kepala Tanah Perdikan Menoreh. Ki Argapati yang telah diberitahu akan kedatangannya telah siap menyambutnya dipendapa.
Dengan wajah yang terang Ki Argapati menyongsong tamunya. Ketika nampak olehnya Rudita bersama ayahnya, maka ia pun segera mendekatinya sambil memberikan salam.
“Akhirnya ayahmu berhasil menemukan kau Rudita,” berkata Ki Argapati.
Rudita menundukkan kepalanya. Perlahan-lahan ia menjawab, ”Sebenarnya aku tidak sengaja membuat Ayah menjadi sibuk dan terpaksa menyusuri lereng-lereng Gunung Merapi mencari aku.”
Ki Argapati tertawa. Katanya, ”Itulah yang terbersit dihati anak-anak muda. Tetapi orang tua kadang-kadang menjadi cemas dan tidak dapat berdiam diri. Apalagi seorang ibu.”
Rudita tidak menjawab.
“Marilah,” Ki Argapati pun kemudian mempersilahkan Ki Waskita, ”aku ikut bergembira, bahwa Rudita telah diketemukan.
Ki Waskita tertawa. Katanya, ”Setelah aku membuat orang-orang Sangkal Putung dan terutama prajurit-prajurit Pajang di Jati Anom menjadi sibuk.”
Ki Argapati mengerutkan keningnya. Dan Ki Waskita pun berkata selanjutnya, ”Nanti aku ceriterakan, bagaimana lereng Me¬rapi itu terguncang.”
“Gempa Paman,” tiba-tiba saja Rudita memotong, ”mungkin terasa juga di Tanah Perdikan Menoreh. Bukan saja lereng Merapi yang terguncang.”
Ki Argapati termenung sejenak. Namun ia pun kemudian terta-wa, ”Ya. Memang pernah terjadi gempa. Meskipun tidak begitu kuat disini.”
“Tetapi karena sumber gempa itu adalah Gunung Merapi, ma¬ka yang paling terguncang adalah lereng Gunung Merapi.”
Ki Argapati tertawa. Katanya, ”Ya. Kau benar Rudita. Teta¬pi, marilah. Silahkan naik ke pendapa.”
Setelah mengikat kudanya pada batang perdu dihalaman, ser¬ta mencuci kaki dijambangan dibawah pohon soka, maka mereka pun segera naik ke pendapa.
Mula-mula, seperti kebiasaan yang lazim, maka mereka pun saling bertanya tentang keselamatan masing-masing. Juga keselamatan orang-orang yang ditinggalkannya di Sangkal Putung dan bahkan Jati Anom.
Ketika minuman dan makanain telah dihidangkan, maka mulai¬lah Ki Waskita berceritera tentang Rudita. Meskipun ia harus ber¬hati-hati dan menghindari persoalan-persoalan yang agaknya akan dapat menumbuhkan persoalan pada anaknya itu.
Pembicaraan yang menjadi ramai ketika Pandan Wangi ikut menemuinya pula. Bahkan kadang-kadangt ia masih dapat mengganggu Rudita yang beberapa saat yang lalu adalah seorang anak yang aneh. Seorang anak muda yang sama sekali tidak memdiki sifat-sifat seorang anak muda sewajarnya. Karena itulah maka ia tidak lebih dari seorang anak muda yang penakut, bahkan pengecut dan agak licik.
Tetapi sifat-sifat itu sama sekali telah berubah. Meskipun peru-bahan yang terjadipun membuat Rudita tetap seorang anak muda yang aneh dalam bentuknya yang lain.
Namun, seperti yang diduga oleh Rudita, bahwa ia harus di asingkan dari pembicaraan yang lebih bersungguh-sungguh, ternyata pula dimalam harinya. Ketika dipendapa sudah diterangi oleh lam¬pu minyak, dan setelah Rudita dan ayahnya mandi serta membe¬nahi pakaiannya, datanglah saatnya mereka dijamu makan ma¬lam. Namun setelah itu, maka Ki Waskita berkata kepada anaknya, ”Rudita, jika kau lelah, beristirahatlah. Aku masih akan menyam¬paikan pesan-pesan Ki Demang Sangkal Putung tentang hari-hari perkawinan Angger Swandaru dan Angger Pandan Wangi.”
Rudita menarik nafas dalam-dalam. Namun ia memang merasa lebih baik tidak ikut dalam pembicaraan yang tidak dapat diikutinya dengan perasaannya.
Setelah minta diri untuk beristirahat kepada Ki Argapati dan bebabu Tanah Perdikan yang hadir menyambut kedatangannya ma¬ka Rudita pun kemudian pergi ke gandok yang disediakan baginya dan ayahnya.
Tetapi seperti di Mataram, ia pun tidak segera dapat tidur. Mes-kipun kemudian ia berbaring juga dipembaringan, namun rasa-rasanya ia masih mendengar pembicaraan yang riuh dipendapa. Sekali-sekali ia mendengar suara tertawa yang meledak. Agak berbeda de¬ngan saat pembicaraan di Mataram yang agak tegang meskipun kadang-kadang juga terdengar suara tertawa.
“Pembicaraan kali ini lebih banyak berkisar pada hari-hari perkawinan itu,” desis Rudita didalam hatinya, ”tetapi aku tetap tidak diperkenankan ikut serta.”
Sebenarnya yang sedang dibicarakan dipendapa adalah hari-hari yang sedang ditunggu-tunggu oleh segenap penghuni Tanah Perdikan Menoreh. Seakan-akan mereka tidak sabar lagi, bahkan rasa-rasanya hari tidak berjalan seperti biasanya.
Dalam pembicaraan itu, maka semua pesan Ki Demang Sang¬kal Putung telah disampaikannya pula. Persoalan-persoalan yang langsung dan tidak langsung menyangkut kedatangan Swandaru pun telah dibicarakannya. Tempat penginapan dan segala keperluannya. Kemudian menjelang sepasar dan akhirnya hari-hari keberangkatan kedua pengantin ke Sangkal Putung.
Ki Argapati menarik nafas dalam-dalam. Meskipun belum ter¬jadi, tetapi rasa-rasanya Tanah Perdikan Menoreh telah menjadi sa¬ngat sepi. Rasa-rasanya Ki Argapati harus hidup sendiri dirumahnya yang besar itu.
Sudah agak lama Ki Argapati ditinggal oleh isterinya yang te¬lah mendahului menghadap Tuhannya kembali. Kesepian yang mu¬la-mula mencengkam, terasa mulai terisi sejak Pandan Wangi me¬ningkat dewasa. Rasa-rasanya Pandan Wangi dapat membuat ru¬mahnya seakan-akan terbangun setelah tidur untuk waktu yang lama.
Tetapi pada suatu saat, Pandan Wangi itu harus meninggalkan¬nya pergi bersama suaminya.
“Namun hai itu harus terjadi,” berkata Ki Argapati didalam hatinya, ”setiap gadis akan meninggalkan orang tuanya dan ikut bersama suaminya. Demikian juga harus terjadi pada Pandan Wangi. Aku tidak boleh mementingkan diriku sendiri dan membiar¬kan Pandan Wangi tetap tinggal dirumah ini sampai hari matiku.”

Tetapi bagaimanapun juga, Ki Argapati berusaha untuk meng-hilangkan kesan itu dari wajahnya. Ia masih tetap tersenyum, terta¬wa dan bergurau dengan cerah betapapun kesepian yang akan da¬tang itu rasa-rasanya telah mulai membelit hatinya.
Dalam pada itu, Rudita masih saja berada didalam biliknya. Karena ia tidak dapat segera tertidur, maka ia pun kemudian bangkit dan duduk dibibir pembaringan. Namun kemudian ia keluar dari bilik tidurnya dan duduk diserambi depan.
Angin yang silir terasa mengusap tubuhnya. Ia melihat bebe¬rapa orang yang duduk digandok sambil berbicara dengan riuhnya. Namun seperti kehendak ayahnya, ia tidak sebaiknya ikut serta dalam pembicaraan itu.
Diserambi, Rudita memandang kegelapan yang rasa-rasanya menyelubungi seluruh permukaan bumi. Seperti gelapnya hati manusia yang semakin lama menjadi semakin pekat.
“Pada suatu saat mereka akan kehilangan kesadaran diri dan segenap kepribadiannya jika tidak ada perubahan arah dari perkem-bangan budi manusia,” desis Rudita dengan cemasnya.
Rudita bergeser ketika terasa seekor nyamuk menggigit tangan¬nya yang menjadi gatal.
Dalam keadaan yang demikian Rudita masih juga sempat me¬rasa betapa perasaan yang lain masih sempat menyentuh dirinya. Dalam keadaan tertentu ia mampu melepaskan diri dari perasaan sakit, pedih, lelah dan semacamnya. Namun pada keadaan yang wajar itu, perasaan gatal masih terasa olehnya.
Ketika nyamuk itu hinggap lagi disela-sela jari tangannya, ma¬ka perlahan-lahan ia mengangkat tangannya yang lain. Didalam cahahaya obor yang kemerah-merahan ia memandang nyamuk itu de¬ngan tatapan mata kejengkelan yang mendorongnya siap untuk melakukan pembunuhan.
Tetapi tiba-tiba saja ia menarik nafas. Ia tidak berusaha untuk menepuk nyamuk itu. Namun dengan jari-jarinya, dikejutkannya nyamuk itu dan dibiarkannya terbang.
Rudita mengerutkan keningnya, ketika kemudian didengarnya desir langkah halus mendekatinya. Hatinya menjadi berdebar-debar. Rasa-rasanya ia dapat mengenal langkah yang mendekatinya itu, meskipun ia belum melihat orangnya.
Rudita bangkit ketika seseorang muncul diserambi itu. Seperti yang diduganya, orang itu adalah Pandan Wangi.
“O,” suaranya agak gemetar. Tetapi beberapa saat kemudian, ia sudah dapat menguasai dirinya. Ia bukan lagi Rudita yang dahulu.
“Kau tidak tidur?” bertanya Pandan Wangi.
“Udara terlalu panas,” jawab Rudita.”Disini aku mera¬sa agak sejuk.”
“Kau tidak naik ke pendapa? Mereka berbicara panjang lebar.”
“Mereka berbicara tentang kau,” sahut Rudita.
Wajah Pandan Wangi menjadi merah. Tetapi Rudita tidak memperhatikannya.
“Duduklah,” Pandan Wangi mempersilahkan.
Tetapi Rudita menjadi bingung. Dimana ia akan duduk dan dimana Pandan Wangi akan duduk, karena diserambi itu hanya ada sebuah lincak meskipun agak panjang.
Tetapi ternyata Pandan Wangi tidak ragu-ragu. Ia pun kemu¬dian duduk dilincak itu dan menarik tangan Rudita untuk duduk pula.
Rudita pun kemudian duduk pula, meskipun rasa-rasanya hatinya menjadi berdebar-debar lagi.
Tetapi kemudian ia menyadari, bahwa sikap Pandan Wangi tentu masih belum berubah. Gadis itu masih menganggapnya sebagai kanak-kanak yang manja dan perlu dikasihani, seperti saat-saat ia ketakutan dihutan-hutan perburuan.
“Kenapa kau tidak ikut berbicara dipendapa?” bertanya Pandan Wangi sekali lagi, ”meskipun mereka berbicara tentang aku, apa salahnya kau ikut mendengarkannya?”
“Agaknya aku masih belum diperlukan untuk ikut dalam pembicaraan yang penting itu,” jawab Rudita.
Pandan Wangi menarik nafas. Sejenak ia merenungi malam yang menjadi semakin gelap.
Namun tiba-tiba saja ia bertanya, ”Kau baru datang dari Sangkal Putung?”
“Ya.” jawab Rudita.
Pandan Wangi memandang Rudita sejenak. Tetapi wajahnya pun kemudian tertunduk. Ada sesuatu yang ingin dikatakannya, te¬tapi tertahan dikerongkongannya.
Rasa rasanya Rudita dapat mengetahui isi hati Pandan Wangi. Gadis itu ingin bertanya sesuatu tentang Swandaru, bakal suaminya. Tetapi agaknya perasaannya telah menahannya. Sebagai seorang ga¬dis ia tidak dapat langsung bertanya tentang seorang anak muda yang mempunyai ikatan yang khusus dengan dirinya.
Karena itu, maka Ruditalah yang berkata, ”Di Sangkal Putung aku sempat bertemu dengan Swandaru dan Agung Sedayu.”
Wajah Pandan Wangi menjadi kemerah-merahan. Tetapi ia sa¬ma sekali tidak menyahut.
Dan agaknya Rudita memang bukan Rudita yang dahulu. Ia berkata seterusnya, ”Mereka dalam keadaan selamat dan berpengharapan. Terutama Swandaru. Tetapi atas nasehat orang-orang tua di Sangkal Puting, ia harus berusaha untuk mengurangi bobot ba¬dannya menjelang hari perkawinannya.”
“Ah,” desis Pandan Wangi.
Rudita tertawa. Katanya lebih lanjut, ”Tetapi pada dasarnya, mereka merasa berbahagia dengan harapan didalam hati mereka. Setelah Swandaru, tentu akan datang saatnya, Agung Sedayu. Agaknya adik Swandaru yang bernama Sekar Mirah itu pun sudah cukup masak untuk mulai dengan taraf kehidupan baru.”
Terasa sesuatu berdesir dihati Pandan Wangi. Namun kemudi¬an, semuanya telah ditekannya dalam-dalam didasar lubuk hati. Bahkan ia pun kemudian berkata kepada dirinya sendiri didalam ha-tinya, ”Bukankah sudah seharusnya Agung Sedayu segera kawin dengan gadis pilihannya? Seperti aku juga kawin dengan anak muda pilihanku dan yang telah direstui oleh Ayah?”
Pandan Wangi menarik nafas dalam-dalam. Sepintas seakan-akan kedua anak muda dari Sangkal Putung itu lewat didepannya. Namun kemudian hilang didalam kegelapan.
Karena Pandan Wangi tidak menjawab, maka Rudita pun berbicara lagi, ”Bukankah kau sudah berkemas memasuki langkah baru dalam tata kehidupanmu?”
Pandan Wangi mengangguk.
“Tentu sudah. Dan sebentar lagi, semua yang kau nantikan itu akan terjadi. Tanah Perdikan Menoreh akan bergembira karenanya, seperti juga Sangkal Putung. Ikatan kekeluargaan ini benar sangat menarik. Karena kedua daerah yang akan terikat menjadi satu ikatan itu terletak disebelah Timur dan disebelah Barat Ma¬taram.”
Pandan Wangi berpaling. Dicobanya untuk memandang wajah Rudita dalam cahaya obor. Nampaknya Rudita mengatakannya tanpa maksud sesuatu, sehingga Pandan Wangi pun hanya menarik na¬fas tanpa memberikan jawaban.
Karena Rudita melanjutkannya, ”Tetapi lebih dari itu. perkawinan ini akan dapat mengikat dua daerah yang luas dan subur.”
“Ya,” desis Pandan Wangi kemudian, ”mudah-mudahan dapat memberikan kebahagiaan, bukan saja bagiku, tetapi juga bagi Tanah Perdikan Menoreh dan Sangkal Putung.”
“Kau dan Swandaru adalah orang-orang yang memiliki pengaruh atas kedua daerah itu. Kebahagiaanmu adalah kebahagiaan daerah itu. Mudah-mudahan kemudian kau berdua dapat memerin¬tah kedua daerah itu dengan hati yang damai dan menumbuhkan kedamaian dan ketenteraman pula dihati rakyat kalian.”
Pandan Wangi termangu-mangu sejenak. Tetapi kepalanyapun terangguk-angguk. Bahkan ia mulai menyadari bahwa Rudita yang sekarang ini sudah jauh berbeda dengan Rudita yang dahulu. Rudita yang manja dan penakut. Rudita yang dahulu tidak akan dapat me¬ngatakan perasaannya dengan cara itu. Bahkan ketika tiba-tiba ia mengenang sikap dan tanggapan Rudita atas dirinya, ia menjadi segan untuk melanjutkan angan-angannya.
“Sudahlah,” berkata Pandan Wangi kemudian, ”sudah malam. Aku akan tidur.”
“Mudah-mudahan kau dapat tidur nyenyak dan mimpi yang indah. Aku berdoa, agai kelak kalian dapat menciptakan kedamaian yang sejati. Meskipun kau dan Swandaru memiliki kemampuan untuk bermain dengan pedang, tetapi aku berharap bahwa hulu pe¬dang itu tidak akan kalian sentuh lagi dengan maksud apapun juga kelak.”
Padan Wangi tidak begitu mengerti maksud Rudita. Tetapi ia mengangguk saja sambil menjawab, ”Baiklah Rudita. Aku akan mengingatnya.”
Dengan tergesa-gesa, Pandan Wangi pun meninggalkan anak mu¬da yang ternyata sudah berubah itu. Bahkan Pandan Wangi menjadi agak menyesal, bahwa ia sudah menjumpainya. Tetapi ia tidak dapat menahan sifat ingin tahunya tentang Sangkal Putung agak lebih ba¬nyak, sehingga sudah mendorongnya unluk menjumpai Ruaita yang diketahuinya baru datang dari Sangkal Putung.
Namun yang kemudian terjadi adalah diluar kehendak Pandan Wangi sendiri. Bayangan tentang kedua anak muda. murid orang bercambuk itu selalu membayang diwajahnya. Keduanya. Bukan hanya salah seorang saja diantara mereka.
Sekali-kali Pandan Wangi memejamkan matanya. Tetapi bayangan itu tidak juga beranjak daripadanya.
“Apakah artinya ini?” desisnya sambil menelungkupkan badannya dipembaringannya.
Namun demikian Pandan Wangi tidak dapat memadamkan angan-angan dihatinya itu. Angan-angan tentang dua orang anak muda yang pernah berada di Tanah Perdikan Menoreh bersama gurunya.
Sekali nampak bayangan Swandaru dalam pakaian pengantin. Meskipun ia masih juga gemuk, namun wajahnya yang cerah, serta sifat-sifatnya yang terbuka, membuat anak muda itu mempunyai ujudnya tersendiri. Kepribadiannya nampak bagaikan pintu yang terbuka lebar, sehingga Pandan Wangi seolah-olah dapat menjengukkan kepalanya kedalamnya dan melihat seluruh isinya. Baik atau buruk.
Dan itulah yang telah menarik perhatiannya, selain sikapnya yang ramah, serta tertawanya yang lepas tidak tertahan-tahan, dan guraunya yang jenaka.
Tetapi disamping Swandaru, kadang-kadang muncul juga ba¬yangan seorang anak muda yang meskipun tidak termasuk pendiam, tetapi hatinya agak tertutup. Ragu-ragu dan kurang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dalam-waktu yang dekat.
Tiba-tiba saja, diluar kehendaknya sendiri, terbayang pula ibunya yang sudah tidak ada lagi. Diikuti oleh wajah-wajah yang membuatnya meremang. Wajan dua orang laki-laki yang saling memancarkan dendam dari dasar hati.
“O,” Pandan Wangi mengeluh.
“Tidak, tidak,” Pandan Wangi menggeram. Tetapi rasa-rasanya kesalahan yang pernah terjadi pada ibunya itu, kini membayanginya pula. Dua orang laki-laki yang kemudian melahirkan Sidanti dan dirinya dari ibu yang sama.
Pandan Wangi menggeliat. Bahkan ia pun kemudian bangkit sambil menghentakkan kakinya.
“Kesalahan itu tidak boleh terulang lagi dalam bentuk yang manapun juga. Aku bukan Ibu. Dan Ibu tidak dapat melimpahkan dosa-dosanya kepadaku,” desisnya.
Namun yang terbayang kemudian adalah peran tandingg antara dua orang anak muda yang kemudian bernada Ki Tambak Wedi dan Ki Gede Menoreh dibawah sepasang pohon pucang.
“Gila, gila,” Pandan Wangi menggeram. ”Aku tidak bo¬leh gila pula seperti itu, sehingga aku menyeret orang-orang lain menjadi gila pula.”
Pandan Wangi tiba-tiba saja terkejut ketika ia mendengar pintu biliknya diketuk orang. Sejenak kemudian terdengar suara seorang perempuan memanggilnya, ”Pandan Wangi, Wangi.”
Pandan Wangi termangu-mangu sejenak. Namun kemudian dibenahinya pakaianya dan diusapnya wajahnya yang menjadi basah. Selangkah demi selangkah ia mendekati pintu biliknya dengan ragu-ragu.
“Wangi.”
Perlahan -lahan Pandan Wangi membuka pintu biliknya. Dilihat¬nya dua orang pcmbantunya berdiri termangu-mangu.
“Apakah kau bermimpi buruk?” bertanya salah seorang dari kedua pembantunya itu.
Pandan Wangi termangu-mangu sejenak. Namun kemudian ja-wabnya, ”Yu, aku memang bermimpi buruk. Apakah kau mendengar sesuatu dari dalam bilik ini?”
“Aku mendengar kau mengeluh. Bahkan seperti seorang yang sedang bertengkar.”
Pandan Wangi memaksa bibirnya untuk tersenyum. Katanya, ”Terima kasih. Kau sudah membangunkan aku dari mimpi yang buruk. Untunglah Ayah tidak mendengarnya.”
“Ki Gede masih berada dipendapa bersama tamunya,” jawab salah seorang dari keduanya.
“Terima kasih. Baiklah aku akan tidur lagi.”
“Tetapi agaknya memang demikian. Seseorang yang mendekati hari-hari perkawinannya, kadang-kadang justru diganggu oleh mimpi buruk, itu pertanda bahwa kau sudah tidak sabar lagi menunggu hari-hari yang menjadi semakin pendek. Kurang dari sebulan.”
“Ah,” desis Pandan Wangi, “selamat malam.”
Pandan Wangi pun menutup pintunya kembali. Sementara dua orang itu masih termangu-manguvsejenak dimuka pintu bilik yang sudah tertutup itu. Namun sejenak kemudian merekapun segera meninggalkan tempat itu.
Didalam biliknya, Pandan Wangi menjadi semakin gelisah. Bu¬kan karena kedua pembantunya yang seolah-olah melihat mendung dalam hatinya. Tetapi kegelisahannya justru karena kesadarannya tentang dirinya dan perasaannya.
Dan dengan segenap kemampuan yang ada pada dirinya. Dilandasi oleh pertimbangan nalar yang seimbang, maka akhirnya ia da¬pat menguasai dirinya. Pengalaman yang pernah terjadi atas ibunya merupakan guru yang sangat berharga baginya dalam menghadapi gejolak perasaannya.
Pandan Wangi tidak dapat ingkar, bahwa yang pertama-tama menarik perhatiannya pada saat-saat ia bertemu dengan kedua anak muda itu adalah Agung Sedayu. Namun kemudian ia mengetahui, bahwa Agung Sedayu telah mempunyai pilihannya, justru adalah adik Swandaru.
Meskipun perlahan-lahan, namun kemudian Pandan Wangi melihat sesuatu yang menarik pada anak muda yang gemuk itu. Se¬suatu yang tidak dimiliki oleh anak-anak muda di Tanah Perdikan Menoreh. Bukan saja kecakapannya bermain pedang dan cambuk. Tetapi juga kelebihan-kelebihan yang lain.
“Apakah karena itu aku telah tertarik kepadanya?” pertanyaan itu melonjak didalam hatinya. Namun yang kemudian di¬jawabnya sendiri, ”Bukan waktunya lagi untuk bertanya. Kurang dari sebulan hari perkawinan itu sudah tiba. Yang harus aku laku¬kan adalah memupuk cinta yang ada didalam hati ini, agar dapat mekar dan bekembang. Aku harus menjadi seorang yang lebih baik dari ibuku menghadapi perasaan yang menyangkut tentang cinta dan mungkin nafsu tanpa meninggalkan pertimbangan nalar.”
Pandan Wangi kemudian berusaha untuk tidak memikirkannya lagi. Ia mencoba lari dari perasaan yang serasa selalu mengganggu hati.
Tetapi Pandan Wangi mempunyai pengalaman yang lain dari kebanyakan gadis-gadis. Ia sudah terlatih untuk mempergunakan pertimbangan nalarnya. Meskipun mula-mula didalam keadaan yang gawat menurut ujud benturan jasmaniah, namun didalam benturan perasaan, ia mampu pula mempergunakan keseimbangan nalarnya.
Pandan Wangi mencoba melupakan persoalannya dengan memikirkan masalah-masalah yang lain yang menyangkut Tanah Perdikan Menoreh. Hari depannya dan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi diatas Tanah ini.
Dipendapa, ayahnya masih saja bercakap-cakap dengan Ki Waskita meskipun malam menjadi semakin larut. Bahkan kemudian dikejauhan terdengar suara kentongan dalam nada dara muluk.
“Sudah tengah malam,” desisnya. Tetapi Pandan Wangi masih belum dapat tidur.
Dipendapa beberapa orang bebahu dan orang-orang tua tetangga-tetangga Ki Gede Menoreh pun kemudian minta diri. Mereka su¬dah cukup lama duduk menanggapi segala macam pesan Ki Demang Sangkal Putung mengenai hari-hari perkawinan Swandaru dengan segala macam persoalannya. Bahkan rumah yang akan dipergunakan untuk menginap para pengiring dari Sangkal Putung telah ditentu¬kan pula.
Namun demikian, sepeninggal para tetangga dan bebahu Tanah Perdikan, Ki Waskita masih tetap duduk dipendapa dengan Ki Gede Menoreh sendiri.
“Masih ada yang akan aku katakan Ki Gede,” berkata Ki Waskita.
Ki Gede mengerutkan keningnya, lalu ia pun bertanya, “Apakah ada sesuatu yang agak menghambat kelancaran upacara per¬kawinan itu?“
“Bukan. Bukan masalah itu,” sahut Ki Waskita untuk menenteramkan hati Ki Argapati, ”soalnya lain sekali. Hampir tidak ada hubungannya.”
Ki Argapati termangu-mangu.
“Ki Argapati,” berkata Ki Waskita, ”mungkin ada baiknya Ki Argapati mengetahui serba sediikit tentang pusaka-pusaka yang hilang dari Mataram.”
“O.”
“Yang sebuah sudah pernah kita ceritakan disini, bahwa Songsong itu telah menyeberangi Kali Praga. Dan justru melintasi Tanah Perdikan ini meskipun arahnya belum dapat kita ketahui dengan pasti.”
“Ya.”
“Dan sekarang, aku akan berceritera tentang pusaka yang satu lagi.”
“Kanjeng Kiai Pleret?”
”Ya. Kanjeng Kiai Pleret.”
Ki Gede Meoereh mengerutkan keningnya. Diluar sadarnya ia bergeser mendekat Ki Waskita, sementara Ki Waskita pun kemudian berceritera pula tentang pusaka yang diduga telah dibawa oleh Kiai Kalasa Sawit yang meninggalkan Padepokan Tambak Wedi dengan tergesa-gesa itu.
Ki Gede Menoreh mendengarkan ceritera itu dengan saksama. Sekaii-sekali ia mengangguk-angguk, namun kemudian wajahnya menjadi tegang.
“Jadi di Tambak Wedi telah terjadi pertempuran yang cukup keras bagi Pajang?” bertanya Ki Gede.
“Ya Ki Gede. Untunglah bahwa Untara mempunyai cara yang tepat untuk menguasai keadaan. Bukan saja Tambak Wedu tetapi sekaligus penjahat-penjahat kecil yang berkelompok di lereng Merapipun agaknya berhasil ditertibkan.”
“Apakah Angger Untara mengetahui tentang pusaka yang hilang itu pula?”
“Menurut dugaanku tidak. Tetapi aku tidak tahu dengan pasti, karena Angger Untara mempunyai sejuta mata dan sejuta telinga didaerah Selatan ini. Namun menilik sikap dan tanggapannya terha¬dap Tambak Wedi, agaknya Senapati Untara belum mempersoalkan pusaka yang hilang itu.”
Ki Argapati mengangguk-angguk.
“Tetapi baik Kiai Gringsing maupun Ki Sumangkar bersepa¬kat, bahwa diwaktu yang singkat ini, mereka tidak akan berbuat apa-apa lagi selain mempersiapkan hari-hari perkawinan Angger Swandaru dan Pandan Wangi. Baru setelah hari perkawinan itu lampau, mungkin mereka akan melakukan sesuatu untuk menemu¬kan pusaka-pusaka yang hilang itu.“
Ki Argapati menarik nafas dalam-dalam. Hampir diluar sadarnya ia bergumam, ”Ternyata hari perkawinan anakku itu ber¬samaan waktunya dengan tugas yang sebenarnya sangat penting bagi kedua orang tua itu. Tugas yang langsung menyangkut kelangsungan hidup Mataram dan sudah barang tentu kekuasaan Raden Sutawijaya yang kemudian bergelar Senopati Ing Ngalaga.”
“Tetapi bukan berarti bahwa perkawinan itu merupakan ham¬batan bagi pecaharian kedua pusaka itu Ki Gede,” dengan serta merta Ki Waskita menyahut, ”tidak seorangpun yang mengetahui bahwa akan terjadi hal seperti yang dialami oleh Mataram, hi¬langnya kedua pusaka itu. Seandainya aku dengan sengaja memu¬satkan indera dalam pencaharian isyarat tentang Mataram sekali¬pun, aku kira aku tidak akan dapat menemukan kemungkinan se¬perti itu.”
Ki Argapati mengangguk-angguk. Katanya, ”Jika diperlukan, setelah hari-hari perkawinan ini lewat, aku akan membantu sesuai dengan kemampuan yang ada diatas Tanah Perdikan ini, karena yang jelas, songsong itu telah menyentuh Tanah ini dengan langsung.”
Ki Waskita mengangguk-angguk pula. Ia memang sudah mendu¬ga, bahwa Tanah Perdikan Menoreh tentu tidak akan berkeberatan jika diperlukan bantuan. Apalagi sesudah hari-hari perkawinan. Se¬andainya keadaan mendesak, dan saat itu pula Menoreh harus me¬nyiapkan sepasukan pengawal pilihan, maka Ki Gede Menoreh ten¬tu tidak akan menolak.
Tetapi agaknya Kiai Gringsing dan Ki Sumangkar baru akan bergerak setelah hari-hari perkawinan Swandaru dengan Pandan Wa¬ngi, sehingga Ki Argapati pun harus menyesuaikan dirinya pula de¬ngan saat-saat yang sudah ditentukan itu.
“Kecuali jika Raden Sutawijaya mengambil sikap lain setelah ia menerima laporan yang dengan tergesa-gesa disampaikan oleh para pemimpin Mataram,” berkata Ki Waskita didalam hatinya pula. Namun agaknya Raden Sutawijaya yang bergelar Senapati Ing Ngalaga itu pun tidak akan bertindak tergesa-gesa menghadapi ke¬kuatan yamg tidak dapat diketahuinya dengan pasti itu.
Demikianlah ketika malam menjadi semakin larut, maka pem-bicaraan mereka pun terputus. Ki Waskita minta diri untuk beristi¬rahat. Dan sekaligus ia minta diri pula, bahwa besok pagi-pagi be¬nar ia akan meninggalkan Tanah Perdikan Menoreh.
“Begitu tergesa-gesa?” bertanya Ki Argapati.
“Aku akan menyerahkan Rudita kepada ibunya yang tentu sudah menunggunya dengan gelisah.”
“Sesudah itu, apakah tidak ada kemungkinan Rudita dengan diam-diam meninggalkan ibunya?”
“Memang mungkin Ki Gede. Tetapi aku akan mencoba menasehatinya, agar ia menunggui ibunya untuk beberapa lama. Kelak ia harus membawa ibunya kemari untuk ikut membantu memper¬siapkan hari perkawinan Pandan Wangi. Setelah itu aku masih mem¬punyai kepentingan sedikit, mungkin aku diperlukan untuk membantu menemukan pusaku-pusaka yang hilang itu. Baru kemudian, jika semuanya sudah tenang, aku akan kembali pulang. Barulah Rudita mempunyai banyak kesempatan untuk mengembara meskipun ibunya tentu tidak akan menyetujuinya pula.”
Ki Argapati mengangguk-angguk. Katanya, ”Siapapun ia, te¬tapi anak-anak muda memang mempunyai darah yang menggelegak. Pengembaraan akan merupakan suatu masa yang seolah-olah harus dialami oleh anak-anak muda. Agaknya Angger Rudita yang telah berubah itu pun telah dijalari pula oleh keinginan untuk mendapatkan pengalaman hidup bagi masa tuanya.”
Ki Waskita menggelengkan kepalanya. Katanya, ”Rudita mem-punyai tanggapan yang lain atas hidup dan kehidupan ini. Ia meng¬anggap bahwa manusia disekelilingnya telah diracuni oleh kecuri¬gaan, dendam dan kebencian, sehingga tidak ada lagi kedamaian di¬dalam hati. Jika ia kemudian ingin mengembara maka ia akan me¬neriakkan kepada segenap manusia yang dijumpainya, bahwa mereka harus menanggalkan semua tanggapan yang salah atas sesama¬nya. Kedamaian yang sejati tidak akan dapat dibumbui dengan ke¬curigaan, dendam dan kebencian dalam bentuk dan ujud apapun juga. Termasuk olah kanuragan.”
“Olah kanuragan?” bertanya Ki Gede.
“Ya. Hanya orang yang mencurigai sesamanya sajalah yang merasa perlu untuk memiliki ilmu dalam bentuk kekerasan.”
Ki Argapati menarik nafas dalam-dalam. Desisnya, ”Alangkah mulianya. Jika kita bersama-sama dapat mengetrapkan dalam hidup kita sehari-hari, maka sebenarnyalah kita akan mendapatkan kedamaian yang sejati. Tetapi alangkah menyedihkan jika ke¬adaan yang demikian itu dimanfaatkan oleh beberapa orang yang justru seolah-olah menemukan penyerahan diri yang pasrah, sehing¬ga akan dapat membangunkan kekuasaan yang tidak tergoyahkan.
Ki Waskita tidak menyahut. Tetapi kepalanya terangguk-ang¬guk kecil.
“Ah, agaknya pembicaraan kita akan berkepanjangan pula,” berkata Ki Argapati kemudian, ”silahkanlah, jika Ki Waskita akan beristirahat, karena besok pagi-pagi benar Ki Waskita sudah akan menempuh perjalanan meskipun tidak terlampau panjang se¬perti jarak ke Sangkal Putung.”
Ki Waskita pun kemudian bergeser dari pendapa dan kembali ke gandok. Ketika ia masuk ke dalam biliknya, dilihatnya Rudita su¬dah berada didalam bilik itu pula.
“Kau belum tidur?” bertanya ayahnya.
“Baru saja aku masuk Ayah,” jawabnya.
“Darimana?”
“Udara sangat panas. Diluar angin malam terasa sejuk sekali.”
Ki Waskita mengangguk-angguk. Katanya, ”Udara memang terasa agak panas didalam bilik ini Rudita. Tetapi kita harus segera tidur. Malam sudah larut. Besok kita akan meninggalkan rumah ini pagi-pagi benar.”
Rudita pun kemudian berbaring dipembaringannya. Agaknya ia kemudian berhasil melepaskan semua angan-angannya, sehingga sejenak kemudian ia pun telah tertidur nyenyak.
Ki Waskitalah yang masih untuk beberapa lama duduk dibibir pembaringannya. Sekali-sekali angan-angannya masih juga meloncat-loncat dari satu soal ke soal yang lain. Saat-saat perkawinan Swandaru yang menjadi semakin dekat, namun masih saja nampak kabut hitam yang seolah-olah menyelubunginya. Kemudian seakan-akan nampak olehnya sepasukan yang merayap dilereng Gunung Me¬rapi, membelit lambung, kemudian berhenti di lembah antara Gu¬nung Merapi dan Gunung Merbabu.
Ki Waskita mengerutkan keningnya. Dan tiba-tiba saja ia me¬rasa bahwa ada isyarat padanya, bahwa dilembah antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu merupakan tempat yang perlu men¬dapat perhatian khusus.
Ki Waskita menarik nafas dalam-dalam. Menurut perhitungan nalarpun agaknya Kiai Kalasa Sawit akan membawa pasukannya ke lembah itu. Namun masih harus dipertimbangkan kemungkinan-ke-mungkinan lain antara pusaka yang dibawa oleh pasukan Kiai Kalasa Sawit dan pusaka yang menyeberangi Kali Praga.
“Pertemuan diantara mereka dapat terjadi dimana-mana,” desis Ki Waskita didalam hatinya, ”Kiai Kalasa Sawit dapat mem¬bawa pusaka beserta pasukannya melingkari Gunung Merapi lewat lembah antara Gunung Merapi dan Merbabu, kemudian sesuai de¬ngan pembicaraan sebelumnya, bertemu dengan mereka yang mem¬bawa Songsong Kanjeng Kiai Mendung ditempat yang agak jauh dari Mataram, atau sebaliknya, Songsong Kiai Mendunglah yang kemudian dibawa ke lembah antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.”
Ki Waskita menjadi termangu-mangu. Namun baginya lembah antara Gunung Merapi dan Merbabu itu harus mendapat perhatian khusus dari Mataram.
Namun demikian masih harus dipertimbangkan hubungan an¬tara Pajang dan Mataram, karena Pajang tentu akan bertindak pula atas Kiai Kalasa Sawit meskipun lepas dari hubungan hilangnya ke¬dua pusaka dari Mataram.
“Memang masih banyak kemungkinan yang dapat terjadi,” gumamnya kemudian sambil melipat tangannya dan meletakkan kepalanya diatas kedua belah telapak tangannya itu. Dijelujurkannya kakinya lurus-lurus dipembaringannya sambil menatap rusuk-rusuk atap yang dipangkal dan ujungnya sempat diukir meskipun tidak terlalu halus.
Namun Ki Waskita pun kemudian memejamkan matanya pula dan sejenak kemudian ia pun telah tertidur.
Dalam pada itu, ketika Ki Gede Menoreh melangkah didepan pintu bilik anak gadisnya, ia tertegun. Ia mendengar desah nafas yang asing.
Karena itu, maka perlahan-lahan ia mendekati pintu bilik itu sambil memanggil, ”Wangi, apakah kau belum tidur?”
Pandan Wangi terkejut. Kegelisahan yang mendekapnya telah dibawanya ke ujung mimpi.
“Wangi,” ia mendengar suara itu lagi.
Pandan Wangi menarik nafas dalam-dalam. Suara itu adalah suara ayahnya yang berdiri dimuka pintu.
Perlahan-Iahan ia bangkit dan berjalan menuju ke pintu bilik¬nya sambil membenahi pakaiannya.
“Kau gelisah sekali Wangi,” desis ayahnya ketika Pandan Wangi membuka pintu biliknya, ”apakah kau belum tidur?”
“Aku baru saja mulai tertidur Ayah. Rasa-rasanya aku telah masuk ke dalam mimpi yang gelisah.”
Ayahnya tersenyum. Katanya, ”Kegelisahan yang wajar seka¬li Wangi. Tetapi kau tidak akan menunggu terlalu lama. Akan sege¬ra datang saatnya, kau terlepas dari kegelisahan semacam itu.”
Pandan Wangi menarik nafas panjang. Kepalanyapun kemudian tertunduk dalam-dalam. Tetapi ia tidak menjawab.
“Tidurlah. Mudah-mudahan kau tidak selalu dicengkam oleh kegelisahan yang dapat membuatmu resah terutama, dimalam hari. Percayalah kepada Yang Maha Kuasa bahwa semuanya akan dapat berlangsung dengan baik dan selamat.”
“Ya Ayah,” jawab Pandan Wangi.
“Tidurlah.”
Ki Argapati pun kemudian meninggalkan anaknya yang gelisah. Tetapi nampak sebuah senyum dibibirnya. Seolah-olah Ki Argapati justru menganggap bahwa kegelisahan itu adalah gejala yang wajar dari seorang gadis yang mendekati hari-hari perkawinannya.
Sepeninggal ayahnya. Pandan Wangi kembali ke pembaringannya setelah ia menutup pintu biliknya. Direbahkannya tubuhnya sambil berdesah.
Tetapi ia bertekad untuk mengendapkan semua gejolak didalam hatinya dan seperti pesan ayahnya, ia tidak ingin diresahkan oleh angan-angannya.
“Tetapi Ayah tidak mengetahui perasaanku,” tiba-tiba ia berdesis didalam hatinya.
Ki Argapati ternyata langsung pergi ke biliknya pula. Tetapi ia pun tidak segera dapat tidur. Ia masih juga membayangkan bahwa pada suatu saat anaknya yang seorang itu akan bertambah dengan seorang lagi. Tentu suami Pandan Wangi adalah sama dengan anak¬nya pula yang akan dapat membantunya kelak membina Tanah Perdikan Menoreh. Bahkan kelak, jika sampai saatnya ia tidak dapat berbuat apa-apa lagi bagi Tanah Perdikan ini, ada orang lain yang akan melanjutkannya disamping anak perempuannya.
Namun tiba-tiba Ki Argapati mengerutkan keningnya. Swan¬daru adalah anak seorang Demang. Dan ia adalah anak laki-laki satu-satunya.
“Apkah Swandaru dapat diharapkan untuk melanjutkan pembinaannya atas Tanah Perdikan Menoreh? Apakah Swandaru akan dapat melepaskan kuwajibannya sebagai seorang anak laki-laki seorang Demang di Sangkal Putung yang mempunyai kuwajiban ter¬tentu pula atas daerah Kademangannya?” pertanyaan itu agak¬nya mulai merayapi hati Ki Gede Menoreh.
Tetapi Ki Gede Menoreh kemudian menarik nafas dalam-da¬lam sambil berdesah, ”Ki Demang Sangkal Putung mempunyai anak yang lain, meskipun ia seorang perempuan. Tetapi apabila benar, kelak adik perempuan Swandaru itu kawin dengan Agung Sedayu, maka dapat diharapkan Agung Sedayu akan dapat membantu memimpin Kademangan Sangkal Putung, yang menurut keterang¬an yang aku dengar betapa suburnya, namun tidak seluas Tanah Perdikan Menoreh.”
Namun demikian terbersit juga pengakuan didalam hatinya, ”Mungkin aku adalah orang yang mementingkan diri sendiri.”
Ki Argapati menarik nafas dalam-dalam. Dicobanya untuk me-lupakan masalah-masalah yang masih merupakan kemungkinan-kemungkinan bagi masa mendatang itu.
“Aku tidak boleh dihantui oleh persoalan-persoalan yang masih jauh berada dihari mendatang,” katanya didalam hati.
Demikianlah maka akhirnya rumah Ki Gede Menoreh itu pun menjadi semakin sepi. Satu-satu mereka jatuh tertidur dengan kegelisahan yang berbeda-beda.
Menjelang fajar, maka halaman rumah itu telah mulai ramai kembali. Beberapa orang telah terbangun untuk membersihkan ha¬laman, dan mengisi jambaugan. Didapurpun telah nampak api yang menyala diperapian. Sedang gerit sapu lidi, rasa-rasanya telah mem¬bawakan irama tersendiri.
Ki Waskita dan Rudita pun telah terbangun pula. Setelah mem-bersihkan diri dan menunaikan kuwajiban mereka dalam perseku¬tuan mereka dengan Tuhannya, maka mereka pun segera turun ke halaman pula.
Betapa segarnya udara pagi hari di Tanah Perdikan Menoreh. Langit yang kelabu kemerah-merahan oleh sorot matahari yang ma¬sih belum naik ke cakrawala, semakin lama menjadi semakin cerah.
“Kita akan segera meneruskan perjalanan Rudita,” berkata ayahnya.
“Ya Ayah. Tetapi bukankah kita akan minta diri lebih dahulu kepada Ki Gede?”
“Tentu Rudita. Kita akan menunggu sampai Ki Gede bangun. Mungkin Ki Gede semalam tidak segera tidur, sehingga agak ter¬lambat bangun.”
Tetapi sebelum Rudita menjawab, ternyata Ki Gede Menoreh pun telah muncul dari pintu pringgitan. Sambil tersenyum ia berka-ta, ”Marilah Ki Waskita, silahkan naik ke pendapa bersama Rudita.”
Keduanyapun kemudian naik ke pendapa dan duduk diatas ti¬kar pandan putih bergaris-garis biru, yang sejenak kemudian men¬dapat hidangan minuman panas dan beberapa potong jadah yang telah dipanggang diatas api.
Setelah makan dan minum sekedarnya, maka Ki Waskita pun mengulanginya lagi, minta diri kepada Ki Argapati dan Pandan Wa¬ngi yang kemudian ikut duduk pula bersama mereka.
“Tetapi Ki Waskita kami harap segera kembali,” berkata Ki Argapati. Dan seperti yang diduganya, Ki Argapati kemudian berkata, ”sebenarnya aku merasa tersendiri disini. Memang ada orang-orang tua dan para bebahu. Tetapi kadang-kadang mereka, le¬bih condong kepada persoalan-persoalan yang terlampau rumit bagi saat-saat perkawinan itu sendiri. Meskipun satu dua ada juga yang dapat aku percaya untuk memperbincangkan masalah-masalah yang lebih luas dalam hubungannya dengan keadaan disekitar Tanah Perdikan ini, namun didalam persoalan yang lebih mendalam, aku masih harus mempertimbangkan banyak hal. Terutama jika aku ber¬bicara tentang pusaka-pusaka yang hilang dari Mataram dan keten¬teraman Tanah Perdikan ini. Pada saat-saat yang lain aku dapat berbincang dengan Pandan Wangi. Tetapi saat ini Pandan Wangi su¬dah tidak dapat diajak berbicara tentang apapun lagi kecuali ten¬tang dirinya sendiri.”
“Ah,” wajah Pandan Wangi menjadi kemeran-merahan.
Dan sambil tersenyum Ki Argapati berkata, ”Tetapi bukankah itu wajar Ki Waskita?”
“Ya,” jawab Ki Waskita sambil tersenyum pula, “itu memang wajar sekali.”
Wajah Pandan Wangi yang tunduk menjadi semakin tunduk. Tetapi ia tidak menyahut.
“Ki Gede,” berkata Ki Waskita kemudian, ”mudah-mudahan aku akan dapat datang mendahului isteriku. Biarlah Rudita mengawani ibunya dirumah dan kelak menyusul aku kemari atau aku akan menjemputnya pada waktunya.”
“Terima kasih Ki Waskita. Kehadiran Ki Waskita disini akan dapat menambah hangatnya rumah ini. Karena menjelang hari-hari perkawinan aku tidak hanya akan berbicara tentang pengantin dan segala macam upacaranya, tetapi aku juga harus berbicara tentang keamanan diseluruh Tanah Perdikan ini. Jika kami semuanya teng¬gelam dalam kesibukan hari-hari perkawinan tanpa menghiraukan keadaan Tanah ini dalam keseluruhan, aku cemas, bahwa ada sego¬longan orang yang memanfaatkan keadaan ini untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak sewajarnya. Terlebih-lebih lagi seperti yang dikatakan oleh Ki Waskita, bahwa kedua pusaka yang hilang dari Mataram itu mungkin akan dipertemukan. Apakah itu dilembah antara Gunung Merapi dan Merbabu atau diatas Tanah Perdikan ini, masih belum jelas. Namun untuk menghadapi segala kemungkinan kita akan mempersiapkan diri sebaik-baiknya.”

“Tetapi pusat perhatian Ki Gede memang harus tertuju kepada hari-hari perkawinan Pandan Wangi,” berkata Ki Waskita. Sekilas ia melihat Rudita sudah beringsut. Karena itu ia harus men¬dahuluinya agar anak itu tidak terlanjur membuat persoalan dengan Ki Argapati, ”mudah-mudahan semuanya dapat berlangsung dengan lancar. Aku berjanji, jika tidak ada aral melintang, untuk segera kembali setelah menyerahkan Rudita kepada ibunya.”
Rudita menarik nafas dalam-dalam. Sedangkan Ki Argapati menjawab, ”Terima kasih Ki Waskita. Aku sangat mengharap kehadiran Ki Waskita. Di Sangkal Putung agaknya sudah ada Kiai Gringsing dan Ki Sumangkar yang mendampingi Ki Demang. Dan Ki Waskitalah yang aku harapkan sekali membantu aku disini.”
“Aku akan berusaha Ki Gede, meskipun agaknya aku hanya akan menambah jumlah penghuni saja disini.”
Ki Argapati tertawa. Sekilas ia berpaling kepada Pandan Wangi yang masih menundukkan kepalanya. Lalu katanya, ”Teruna ka¬sih. Penghuni rumah ini agaknya memang harus bertambah.”
Demikianlah Ki Waskita pun segera minta diri dan meninggal¬kan rumah itu bersama Rudita. Ki Argapati, Pandan Wangi dan be¬berapa orang yang lain melepaskan mereka sampai ke regol halaman.
Rudita yang sudah ada dipunggung kudanya masih juga dapat berkelakar, ”Pandan Wangi, aku sekarang tidak akan dapat me¬ngajakmu berburu lagi.”
Pandan Wangi tersenyum.
“Tetapi aku sekarang menjadi semakin ketakutan melihat binatang-binatang buruan. Bukan saat-saat ia masih berlari-larian di hutan. Tetapi justru pada saat-saat anak panah para pemburu me¬nusuk tubuhnya. Bukankah setelah hari perkawinanmu kau juga tidak akan berburu lagi?”
Pandan Wangi mengerutkan keningnya. Namun kemudian ia menjawab sambil tersenyum pula, ”Ya Rudita. Aku tidak akan berburu lagi.”
“Disegala medan?”
Pandan Wangi kurang mengerti maksudnya. Tetapi ia mengang-guk, ”Ya, disegala medan.”
Rudita tertawa. Ditundukkannya kepalanya dalam-dalam sam¬bil minta diri kepada Ki Gede, ”Aku mohon diri Paman.”
Ki Argapati tertawa pula. Ia melihat sesuatu yang jauh berbe¬da pada pancaran sinar mata Rudita. Ia bukan lagi seorang penakut. Ia adalah seorang yang justru telah menemukan dasar pandangan hidup yang kokoh dan telah diperjuangkannya dengan berani.
Kedua orang ayah beranak itu pun kemudian meninggalkan padukuhan induk Tanah Perdikan Menoreh. Mereka menyelusuri bu¬lak-bulak panjang diantara sawah yang hijau subur. Dikejauhan nampak pegunungan yang kebiru-biruan dicerahnya sinar matahari pagi, bagaikan dinding yang memanjang membujur ke Utara.
“Ayah,” tiba-tiba saja Rudita berkata, ”sebenarnya aku ingin menahan hati. Tetapi rasa-rasanya dadaku menjadi semakin penuh. Aku tahu, bahwa jalan pikiranku tidak sesuai. Tetapi aku ber¬harap bahwa Ayah dapat mengerti dan menganggap yang aku kata¬kan ini tidak pernah terucapkan.”
“Ah,” Ki Waskita berdesah, ”aku tidak menganggap demikian Rudita. Yang aku katakan adalah pandangan tata kehidupan yang paling baik.”
“Tetapi Ayah selalu memisahkan aku dari orang-orang yang mungkin dapat aku ajak berbicara tentang hal itu.”
“Bukan maksudku demikian Rudita. Aku hanya ingin kau dapat menyesuaikan dirimu. Kau harus dapat memperhitungkan waktu dan tempat yang paling tepat untuk menyatakan sikapmu ter¬hadap tata kehidupan dan peradaban masa kini.”
“Waktu yang paling tepat adalah saat-saat seseorang menya¬takan sikapnya yang keliru itu Ayah.”
“Tetapi pada saat-saat demikian, biasanya mereka tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Mereka lebih banyak mende¬ngar kata hati mereka sendiri.”
Rudita mangangguk-angguk. Namun kemudian, ”Ayah, apakah sudah seharusnya Ki Argapati menjadi demikian ketakutan menghadapi saat-saat perkawinan anaknya? Itulah gambaran se¬seorang yang memiliki prasangka yang tidak terkendali. Dan dima¬na-mana aku menjumpai orang semacam itu. Di Cangkring, di Jati Anom, di Sangkal Putung dan di Tanah Perdikan Menoreh. Bahkan pada Ayah sendiri. Prasangka dan curiga itulah sebenarnya pangkal dari kesulitan yang mereka alami. Perasaan mereka tidak pernah menjadi sejuk dan tenang. Setiap saat mereka menganggap dirinya dimusuhi oleh sesamanya.”
Ki Waskita tidak membantah, itu adalah sikap dan pandangan hidup Rudita. Bahkan ia berkata, ”Agaknya kau benar Rudita.”
“Sebenarnya orang-orang seperti Ki Argapati, Ki Demang Sangkal Putung, apalagi Kiai Gringsing dan Ki Sumangkar, akan da¬pat menjadi lantaran yang baik sekali untuk melenyapkan segala prasangka. Kata-kata mereka dipercaya dan hampir tidak pernah mendapat pengamatan apapun juga dalam penerimaan dihati orang itu. Hampir setiap kata-kata mereka dianggap benar dan harus di¬turut. Tetapi sayang, bahwa mereka justru telah menyebarkan pera¬saan saling mencurigai dan prasangka,” ia berhenti sejenak, lalu, ”dan bagaimana dengan Ayah sendiri.”
Ki Waskita menarik nafas dalam-dalam.
“Ayah mempunyai kelebihan dari orang lain. Sejak aku masih kanak-kanak, aku selalu melihat beberapa orang datang kepada Ayah untuk bertanya tentang masa depan mereka. Dapatkah Ayah mengatakan kepada mereka, bahwa masa depan yang paling baik adalah ketenangan dan kedamaian dihati?”
Ki Waskita mengangguk. Katanya, ”Tentu saja aku dapat Rudita. Tetapi aku tidak dapat membohongi mereka jika aku melihat isyarat tertentu. Aku tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan dari susunan peradaban manusia sekarang ini, dimana kekerasan masih terjadi disegala sudut Tanah ini.”
“Kitalah yang membuat kenyataan bagi kita sendiri,” jawab Rudita.
Ki Waskita memandang anaknya sejenak, ia melihat sorot ma¬ta yang bagaikan menyala diwajah anaknya.
“Ia sudah meyakininya,” berkata Ki Waskita didalam hatinya. ”Tetapi ia justru akan selalu kecewa dan bahkan mungkin akan terasing dari pergaulan hidup sesama. Tetapi dunia didalam angan-angannya adalah dunia yang paling baik yang dapat digam¬barkan oleh manusia.”
Dengan demikian Ki Waskita justru menjadi diam. Bahkan seakan-akan ia melihat, betapa Rudita seolah-olah berjalan sendiri ke arah yang berlawanan dengan arus manusia yang tidak terbendung.
“Tetapi kebenaran yang sejati dalam sikap hidup bukannya yang paling banyak dianut,” berkata Ki Waskita didalam hatinya. Sekilas teringat olehnya, kata-kata yang pernah didengarnya, bahwa jalan kebaikan itu terlalu lengang karena rumpil dan sempit, sedangkan jalan kemaksiatan itu menjadi ramai dan cerah karena nampak licin dan rata. Tetapi ujung jalan itu akan menentukan apakah se¬seorang akan menyesal atau bersyukur atas pilihantnya. Sedangkan siapa yang telah sampai diujung jalan, tidak akan ada kesempatan untuk kembali dan berubah arah.
Ki Waskita menarik nafas dalam-dalam. Yang melonjak didalam hatinya itu bukannya pengertian yang baru kemarin didengarnya. Tetapi sudah lama, dan bukan hanya satu dua orang sajalah yang pernah mengatakan. Tetapi banyak orang. Namun meskipun seseorang mengerti maksud dari ceritera itu, jarang sekali orang yang dapat memaksa dirinya untuk memilih jalan kebaikan yang sejati, karena justru kelemahan hati manusia yang mendambakan sifat lahiriah semata-mata.
Ki Waskita terkejut ketika ia mendengar seorang anak yang berteriak mengusir burung disawah. Ketika ia berpaling dan memandang bulir-bulir padi yang menguning, nampak sekelompok bu¬rung gelatik yang terbang berputaran. Namun kemudian tersentak oleh teriakan anak itu, dan terbang berarak ke arah yang lain.
Tetapi disetiap pematang dan disetiap gardu, anak-anak berlari-larian dengan goprak ditangannya dan tali-tali penarik hantu-hantu¬an disawah, sehingga burung-burung yang mengawan diudara itu bagaikan hanyut dibawa oleh arus angin yang berputar melingkar-lingkar dan kadang-kadang hilang ke arah yang jauh.
Demikianlah maka keduanyapun kemudian melanjutkan perja¬lanan dengan lebih banyak berbicara dengan dirinya sendiri dari pa¬da yang satu dengan yang lain. Hanya kadang-kadang saja Rudita menyebut sesuatu yang dilihatnya dan Ki Waskita menganggukkan kepala sambil mengiakannya. Namun kemudian keduanyapun kem¬bali berdiam diri.
Setiap saat Rudita merasa bahwa seolah-olah jarak antara di¬rinya dengan ayahnya itu menjadi semakin jauh. Banyak persoalan yang tidak sesuai dalam pembicaraan.
Namun sebenarnyalah Rudita pun merasa, bahwa ia menjadi semakin jauh bukan saja dari ayahnya, tetapi juga dari orang-orang yang pernah dikenalnya dengan akrab. Seolah-olah orang-orang itu pun hanyut seorang demi seorang ke dalam arus air banjir dan ti¬dak dapat dicegahnya lagi.
Rudita menarik nafas dalam-dalam. Tiba-tiba saja hatinya men¬jadi iba terhadap sesamanya. Ia menjadi semakin kasihan melihat tingkah laku manusia yang cenderung untuk merusak lingkungan diri sendiri dengan cara yang paling mengerikan. Jauh lebih menge¬rikan dari sikap dan perbuatan seekor binatang yang paling buas. Tidak seekor binatangpun yang dengan sadar dan sengaja menya¬kiti dan menyiksa sesamanya. Tetapi manusia telah melakukannya. Justru kadang-kadang diri mereka sendiri telah mereka siksa dengan berbagai macam keinginan yang ketamakan.
Perjalanan keduanya tidak mengalami gangguan apapun diperjalanan. Tidak ada penyamun dan perampok. Mereka menempuh perjalanan di bulak-bulak panjang yang pernah menjadi daerah jelajah perampok-perampok dan penyamun-penyamun kecil. Tetapi mereka juga melalui hutan-hutan yang masih agak lebat, yang men¬jadi daerah perburuan dari perampok-perampok yang menakutkan karena namanya yang telah dikenal oleh hampir setiap orang.
Meskipun demikian, Ki Waskita kadang-kadang menjadi ber¬debar-debar juga. Jika sekiranya mereka berdua bertemu dengan orang-orang jahat yang manapun juga, maka Rudita tentu akan ber¬sikap lain dari kebiasaan orang lain. Bukan karena Ki Waskita ti¬dak sanggup lagi bertempur melawan mereka, tetapi tentu Rudita akan menghalanginya dan seperti sikapnya pada saat-saat mereka bersama Kiai Gringsing dan Ki Sumangkar bertemu dengan orang-orang Kiai Kalasa Sawit diperjalanan dari Jali Anom ke Sangkal Putung.
“Saat itu ada Kiai Gringsing dan Ki Sumangkar. Tanpa mereka maka aku akan bertengkar sendiri dengan Rudita,” berkata Ki Waskita didalam hatinya.
Tetapi perjalanan mereka ternyata selamat tanpa kesulitan apa¬pun. Semakin lama mereka menjadi semakin dekat dengan rumah mereka.
Terasa titik-titik kerinduan mengembun dihati Rudita. Bagai-manapun juga ia merasa telah meninggalkan ibunya untuk waktu yang lama dengan sikap dan perbuatan yang barangkali telah mem¬buat ibunya cemas selama ini.
Ketika mereka memasuki padukuhannya, maka Rudita menarik nafas dalam-dalam, saolah-olah ia ingin menghirup udara padu¬kuhannya sebanyak-banyaknya. Udara yang serasa lebih segar dari udara disepanjang perjalanannya, apalagi dilereng Gunung Merapi yang telah memberikan pengalaman-pengalaman baru didalam hi¬dupnya.
Ketika kuda-kuda mereka telah melintas disepanjang jalan yang langsung menuju ke regol halamannya, maka rasa-rasanya Rudita ingin berpacu lebih cepat lagi, agar ia segera dapat sampai dirumahnya dan bertemu dengan ibunya yang telah menunggunya sedemikian lama.
Seperti yang diduga oleh Ki Waskita, maka kegelisahan isterinya hampir tidak tertahankan lagi. Kepergian Ki Waskita yang sudah cukup lama itu rasa-rasanya telah menghilangkan harapannya
Karena itu, ketika Ki Waskita pulang membawa anaknya, jantung Nyi Waskita serasa akan pecah oleh kegembiraan yang me¬ledak. Anaknya yang sudah disangkanya hilang itu tiba-tiba kini kembali kepadanya.
Ketika Nyi Waskita mendengar derap kuda memasuki halaman rumahnya, dengan tergesa-gesa ia berlari-lari keluar. Seolah-olah ada firasat padanya, bahwa yang datang itu adalah anaknya yang hilang.
Ternyata firasat itu benar. Yang datang adalah Ki Waskita yang membawa Rudita.
Dengan berlari-lari ia menyongsong anaknya. Demikian Rudita meloncat turun dari kuda, maka anak laki-laki yang sudah menjadi dewasa itu dipeluknya dengan air mata yang meleleh dipipinya yang mulai dibayangi oleh garis-garis umur.
Rasa-rasanya mata Rudita pun menjadi panas. Tetapi ia justru mencoba tersenyum sambil berkata, ”Maaf Ibu. Barangkali aku telah membuat Ibu gelisah.”
“Aku hampir mati karena hatiku yang pedih Rudita,” berkata ibunya.
“Seharusnya Ibu tidak usah terlalu memikirkan aku.”
“Itu adalah pikiran anak-anak. Tetapi tidak dapat terjadi pada seorang ibu. Seorang yang telah melahirkanmu dengan mempertaruhkan nyawanya. He, kau tahu bahwa seorang ibu melahirkan dengan mempertaruhkan nyawanya? Seseorang yang,bertempur dimedan perang dianggap sebagai pejuang-pejuang yang pantas mendapat kehormatan tertinggi karena ia telah berjuang dengan mem¬pertaruhkan nyawanya. Nah, apa katamu tentang seorang ibu?”
Rudita memandang ibunya sejenak. Lalu sambil tersenyum ia berkata, ”Seorang ibu adalah seorang pahlawan yang menjadi pe¬rantara hadirnya seseorang dimuka bumi Ibu. Dan Ibu adalah salah seorang dari pahlawan itu.”
“O,” Nyi Waskita memeluk anaknya semakin erat.
“Tetapi seharusnya Ibu tidak usah mencemaskan aku. Aku akan berusaha dangan sungguh-sungguh untuk pada suatu saat kembali lagi kepada Ibu.”
“Tetapi jika kau gagal?” desis ibunya.
Rudita tersenyum. Sambil memandang ayahnya ia berkata, “Ada yang kurang Ibu pahami. Yang akan berlaku tetap akan berla¬ku. Apapun yang kita usahakan, namun keputusan terakhir tidak ada pada kekuasaan kita. Apalagi tentang nasib seseorang, Ibu. Ke¬selamatan kita masing-masing ada ditangan Yang Maha Kuasa. Kepada¬nya kita harus pasrah diri.”
“O,” perlahan-lahan anaknya itu dilepaskan. Sambil menatap wajahnya yang dimata ibunya masih tetap kekanak-kanakan ia berkala perlahan-lahan, ”Anakku. Aku tidak dapat melepaskan diri dari perasaan cemas itu. Seandainya aku dapat memahami kata-kata¬mu tentang nasib yang tergores sepanjang keharusan akan terjadi dalam jalur hidupmu, namun aku ingin kau tetap berada didekatku. Kau adalah milikku yang paling berharga.”
Rudita masih akan menjawab. Tetapi ayahnya telah mendahuluinya, ”Nyai, biarlah kami membasuh kaki, naik ke rumah dan minum minuman hangat.”
“O,” desis Nyi Waskita, ”silahkanlah Kakang.”
Ki Waskita pun kemudian pergi ke jambangan disudut rumah¬nya untuk membasuh kakinya. Kemudian Rudita pun berbuat serupa sebelum ia mengikuti ayahnya masuk ke dalam rumahnya.
Nyi Waskita nampak menjadi lebih cerah, betapapun juga ia kurang memahami jalan pikiran anaknya. Ia memang melihat kelainan pada anaknya itu, sejak ia belum meninggalkan rumahnya. Dan agaknya ia masih belum dapat mengerti, perubahan apakah yang telah terjadi didalam diri anaknya itu.
Tetapi menghadapi ibunya, ternyata Rudita bersikap lain. Ia masih selalu menahan diri jika rasa-rasanya ada sesuatu yang sudah tergerak dihatinya. Agaknya ia masih berusaha untuk tidak mem¬berikan kesan yang kurang baik pada pertemuannya dengan ibunya setelah beberapa lama berpisah, dan bahkan seolah-olah ibunya te¬lah merasa kehilangan.
“Aku sudah menyiapkan beberapa orang untuk mencarimu,” berkata ibunya, ”aku menjadi semakin cemas karena justru ayah¬mu tidak segera kembali bersamamu.”
“Beberapa orang?” bertanya Rudita.
“Ya. Aku menyewa orang-orang yang paling disegani di padukuhan ini. Aku menyanggupi untuk memberikan upah yang sepa¬dan jika mereka berhasil menemukan kau dalam keadaan apapun juga. Aku menyuruh mereka bersiap-siap. Jika akhir bulan ini, mendekati saat pekawinan Swandaru tiba kau masih belum diketemukan, maka mereka akan berangkat mencarimu.”
Rudita menarik nafas panjang. Tetapi sebelum ia menjawab ayahnyalah yang mendahuluinya, justru sambil tersenyum, ”Siapa sajakah yang akan kau upah untuk mencari Rudita?”
“Jliteng dan empat orang yang akan ditunjuknya.”
Ki Waskita mengangguk-angguk. Tetapi ia tidak segera menja¬wab. Sejenak ia membayangkan seorang laki-laki yang kulitnya ke¬hitam-hitaman, berkumis tebal dan berdahi sempit. Dipudukuhan itu, ia memang mempunyai kelebihan dari kawan-kawannya. Tetapi Jika ada suatu saat ia bertemu dengan orang-orang yang berada di Tambak Wedi, atau sebut saja Ki Raga Tunggal, maka Jliteng akan menyesal bahwa ia telah menerima tawaran itu.
“Untunglah bahwa semuanya belum terlanjur,” berkata Ki Waskita didalam hatinya.
Sementara itu didapur, pembantu-pembantu Nyai Waskita sibuk menyiapkan minuman dan makan bagi Ki Waskita dan Rudita.
Namun dalam pada itu, mereka pun tidak habis-habisnya mem-perbincangkan kehadiran anak satu-satunya Ki dan Nyai Waskita yang sudah sekian lama meninggalkan rumahnya.
Setelah minum seteguk minuman panas, Ki Waskita pun segera pergi ke biliknya untuk melepaskan baju dan ikat kepalanya. Rasa¬nya badannya menjadi tebal oleh debu yang melekat. Karena itu maka ia pun kemudian segera pergi ke pakiwan untuk mandi.
Demikianlah suasana rumah itu pun rasa-rasanya telah menjadi hidup kembali. Nyai Waskita menjadi sibuk untuk menyediakan apa saja yang dapat menyenangkan hati anaknya, sementara anaknyapun kemudian mandi pula setelah Ki Waskita.
“Nyai,” berkata Ki Waskita kemudian kepada isterinya, “sekarang kau harus bersikap lain terhadap Rudita. Ia kini telah benar-benar menjadi dewasa. Ia tidak perlu kau layani seperti pada masa kanak-kanaknya.”
Nyai Waskita termangu-mangu sejenak. Namun kemudian ia pun bertanya, ”Apa maksudmu Kakang?”
“Berlakulah seperti kau memperlakukan seorang anak muda yang sudah dewasa.”
“Aku tidak mengerti. Aku bersikap seperti biasa terhadap anakku.”
”Nyai,” suara Ki Waskita menjadi datar, ”aku tahu dan mengerti bahwa Rudita adalah satu-satunya anak kita. Karena itu aku dan terlebih-lebih kau, ibunya, sering memanjakannya. Kita se¬olah-olah masih saja melayani seorang anak yang baru tumbuh menjadi remaja.”
“Apa salahnya Kakang. Ia adalah satu-satunya anak kita,” jawab Nyi Waskita, ”dan bukankah sudah sewajarnya jika aku ibunya, sekali-sekali menunggui ia makan. Menyenduk nasi ke dalam mangkuknya dan menyelimutinya jika ia tidur.”
“Memang Nyai. Itu adalah wajar sekali. Tetapi Rudita sekarang tidak menghendakinya lagi.Kau harus mengerti, bahwa ada perubahan didalam dirinya. Jika dahulu ia merajuk jika kau tidak menungguinya makan dan kadang-kadang kau masih harus me¬nungguinya dipembaringannya sambil memijit kakinya, maka seka¬rang ia minta diperlakukan lain.”
“Aku sungguh-sungguh tidak mengerti.”
“Sekarang kau harus membiarkannya berbuat sesuatu dengan keinginannya. Kau memang seharusnya menungguinya makan, te¬tapi biarkan ia menentukan sendiri, apakah yang akan dimakannya diantara segala macam yang kau hidangkan. Biarlah ia dimalam ha¬ri masuk sendiri ke dalam biliknya dan menutup pintu dari dalam.”
”Aku tidak sampai hati membiarkan ia berbuat semuanya untuk dirinya sendiri.”
“Bahkan biarlah ia menimba air dan mengisi jambangan. Mencuci pakaiannya sendiri jika itu dikehendaki. Ia benar-benar ingin menjadi dewasa, lahir dan batin.”
Nyai Waskita menjadi bingung. Ia tidak mengerti maksud suaminya. Sejak dahulu ia sering menunjukkan sifat-sifat yang anen. Kadang-kadang Ki Waskita menghendaki Rudita berbuat jauh lebih banyak dari yang dikehendakinya. Ki Waskita sering melarangnya berbuat sesuatu untuk anaknya. Bahkan kadang-kadang menunjuk¬kan sikap yang keras.
Dan kini, baru saja anak itu kembali, Ki Waskita sudah bersikap asing atas anaknya.
“Kakang,” berkata Nyai Waskita kemudian, ”agaknya kau masih marah kepada anakmu. Tetapi sebaiknya kau tidak bersikap terlalu keras terhadapnya. Ia tentu akan lari lagi dari rumah ini jika ia melihat wajahmu yang buram menghadapinya dan apalagi jika ia tahu, bahwa kau melarang aku berbuat sesuatu untuknya, ia akan bertambah kecewa. Bukankah kita masih harus membujuknya agar ia tidak lagi ingin pergi dari rumah ini?”
“Pendapatmu keliru Nyai. Ia menjadi jemu dengan keadaannya sendiri. Di beberapa tempat yang lain, ketika ia mulai bergaul dan melihat-lihat suasana yang lain dari rumah ini, ia mulai me¬ngerti bahwa cara hidupnya adalah aneh. Sampai ia menginjak usia remaja, ia tidak pernah mengerti, apakah yang harus dilakukan oleh seorang laki-laki. Baru kemudian ia mengenal dirinya sendiri setelah ia melihat beberapa perbandingan. Dirumah ini ia selalu dimanja¬kan. Semua keinginannya tidak pernah gagal. Semua perintahnya dilakukan dengan tertib. Jika kau melarangnya berbuat sesuatu, ia tinggal mempergunakan senjata pamungkasnya, merengek,” ia berhenti sejenak, lalu, ”tetapi agaknya ia kini telah berubah. Ia adalah seorang laki-laki. Bahkan seorang laki-laki yang memiliki kelebihan sifat rohaniah dari laki-laki yang manapun juga yang pernah kita kenal.”
“Kau menghendaki terlampau banyak dari anak kita,” berkata Nyai Waskita, ”biarlah ia berbuat sesuai dengan kemampuan dan kemauannya.”
“Ia pergi karena ia tidak menemukan yang dicarinya dirumah ini. Ia ingin orang lain menganggapnya sudah dewasa dan memper¬lakukannya demikian. Jika kau masih tetap memperlakukannya se¬perti kanak-kanak, maka ia akan mencari kesempatan ditempat lain untuk mengalami masa menjelang usia dewasanya. Ia lebih senang mendapatkan tantangan rohaniah dan jasmaniah sesuai dengan per¬kembangan kedewasaannya. Jika kau dapat berbuat demikian, maka ia akan kerasan tinggal dirumah.”
Nyai Waskita menjadi semakin bingung. Namun ketika kemu¬dian terdengar derit pintu dan Rudita melangkah masuk dari pakiwan setelah mandi, maka Ki Waskita pun berkata, ”Berpakaianlah. Kita akan makan lebih dahulu.”
“Baik Ayah,” jawab Rudita yang kemudian masuk ke dalam biliknya.
Kedua orang tuanya menarik nafas. Rasa-rasanya Nyai Waski¬ta memang melihat hal yang lain pada anaknya. Tetapi kelainan itu lebih banyak dicari artinya pada unsur jasmaniahnya.
Ibu Rudila menduga, bahwa karena Rudita telah mengembara menyusuri daerah yang sulit bagi hidupnya, maka ia telah menjadi bertambah kurus dan kehitam-hitaman. Karena kesan perjalanannya yang sulit itu agaknya telah membuatnya agak pendiam.
“Nyai,” tetapi Ki Waskita berkata kemudian, ”lihatlah. Tatapan matanya menunjukkan betapa jiwanya menjadi semakin masak. Ciri kedewasaannya nampak pada sikapnya yang ingin berdiri sendiri. Ingin menentukan baik dan buruk dan memilih dengan penuh tanggung jawab. Dan agaknya dari segi rohaniah ia memang sudah menentukan pilihan sikap dan batasan-batasan tentang hidup kejiwaan seseorang. Meskipun sukar dimengerti, tetapi ia telah me¬nemukan yang paling baik dengan penuh tanggung jawab.”
“Tetapi aku adalah seorang ibu,” berkata Nyai Waskita, “aku memandikannya sejak ia masih merah. Menyusui dan menyu¬apinya setiap saat. Apakah setelah ia disebut dewasa, aku telah ke¬hilangan segala hakku atasnya?”
“Bukan begitu Nyai. Kau masih tetap ibunya. Tetapi cobalah menganggapnya sebagai suatu pribadi yang dewasa dengan segala ciri-cirinya.”
Nyai Waskita menggelengkan kepalanya, ”Aku tidak menger¬ti. Apakah ia lebih senang hidup dalam kesulitan, memelihara diri sendiri, mengambil air, mencuci pakaian dan sebagainya daripada hidup seperti yang pernah dialaminya dirumah ini.”
“Ternyata ia telah meninggalkan rumah ini Nyai.”
“Aku mempunyai dugaan lain. Meskipun aku yakin, tentu kau berbeda pendapat. Itulah sebabnya aku tidak pernah mengatakannya.”
“Katakanlah. Mungkin kau benar.”
“Ia menjadi sangat kecewa bahwa Pandan Wangi benar-benar akan segera kawin dengan orang lain. Dengan anak Demang dari Sangkal Putung itu. Apalagi Kakang, ayahnya sendiri, agaknya justru telah membantu pelaksanaan perkawinan itu sebaik-baiknya.”
Ki Waskita menarik nafas dalam-dalam. Ia menjadi sulit me-nanggapinya. Jika ia mengatakan sesuai dengan pengertiannya ten¬tang hal itu, maka isterinya akan berkata, ”Sejak semula aku sudah tahu, bahwa kau akan menolak pikairanku itu. Tetapi agaknya seorang ayah benar-benar tidak dapat menyelami perasaan anak¬nya sendiri.”
Karena itulah maka Ki Waskita sejenak termangu-mangu. Ba¬ru kemudian ia berkata, ”Aku telah mencoba menyelami tanggapan Rudita atas perkawinan itu. Bahkan ia sempat bertemu baik dengan Swandaru maupun dengan Pandan Wangi. Sama sekali tidak terkesan kekecewaan itu padanya menurut pengamatanku.”
Istrinya tidak menyahut. Tetapi dengan wajah yang buram ia pun kemudian melangkah sambil berkata, ”Aku memang terlam¬pau bodon untuk mengerti. Tetapi baiklah, jika aku memang harus melepaskan segala ujud kecintaanku kepada anakku, dan bahkan te¬lah dianggap menyebabkan kepergiannya dari rumah ini.”
“Kau salah mengerti Nyai.”
“Aku tidak akan melarangnya lagi. Juga apabila ia akan meninggalkan aku”
“Tidak, ia tidak akan pergi lagi dari rumah ini.”
Nyai Waskita pun kemudian meninggalkan ruang itu masuk ke dalam biliknya Setitik air mata telah meleleh dipipinya. Dengan ujung kembennya ia mengusapnya saat ia duduk dibibir pemba¬ringannya.
Rasa-rasanya hatinya menjadi pepat. Ia tidak mengerti, kenapa hidup kekeluargaannya berkembang tanpa dapat dimengertinya. Satu-satunya anaknya telah menumbuhkan persoalan yang paling ru¬mit didalam hatinya. Malah nampaknya ia tidak akan mampu lagi mengendalikannya.
Pada hari yang pertama, ibunya memang telah melihat perbe¬daan sikap dan tingkah laku pada Rudita. Tetapi pembicaraannya dengan suaminya telah mempersiapkan tanggapan hatinya tanpa di¬sadarinya.
Dengan heran ia melihat Rudita mengatur ruang tidurnya me¬nurut seleranya setelah sekian lamanya tidak pernah dipergunakannya. Tanpa seorangpun yang menyuruhnya, ia ikut melakukan pe¬kerjaan-pekerjaan yang biasa dilakukan oleh para pembantu rumah¬nya. Bahkan sekali-sekali ia sudah bertanya tentang sawah dan ting¬kat pekerjaan yang sedang dikerjakan disawah saat itu.
“Besok aku akan melihat sawah kita Ibu,” berkata Rudita, ”alangkah segarnya menghirup udara terbuka diantara hijaunya dedaunan. Sudah lama aku terpisah dari sawah dan ladang kita itu.”
Ibunya mengangguk. Namun ia masih mencoba berkata, ”Ke¬napa kau memerlukan pergi ke sawah? Jika kau sekedar akan me¬lihat-lihat saja, pergilah. Tetapi kau tidak perlu berbuat apapun ju¬ga, karena sudah banyak orang yang akan mengerjakannya.”
Rudita tertawa. Katanya, ”Apakah bedanya aku dengan mereka Ibu?”
“Kau adalah anakku.”
“Jadi?”
Ibunya termangu-mangu. Tetapi yang dapat dilakukannya hanyalah sekedar menarik nafas dalam-dalam.
“Biarlah aku mencoba berbuat sesuatu Ibu, sehingga rumah ini dapat memberikan gairah hidup kapadaku meskipun hanya sekedarnya.”
Ibunya tidak menyahut. Tetapi agaknya ia mulai menilai kete¬rangan Ki Waskita. Apa yang dikatakan oleh suaminya sedikit demi sedikit mulai membayang.
“Agaknya memang ada sesuatu yang ingin dilakukan oleh anak itu,” seolah-olah mulai terdengar bisikan didalam hati Nyai Waskita.
Karena itulah, maka Nyai Waskita mencoba menahan hatinya. Dibiarkannya anaknya melakukan apa saja yang dikehendakinya. Meskipun kadang-kadang perasaannya hampir tidak dapat dikenda-likannya lagi, namun kesadarannya yang timbul setelah ia mencoba mengenal anaknya sekali lagi, telah melepaskan anaknya itu untuk berbuat lebih banyak.
Dihari-hari berikutnya. Nyai Waskita hanya dapat mengusap dadanya jika ia melihat Rudita pulang dari sawah dengan cangkul dipundaknya dan tubuh yang kotor oleh lumpur. Tetapi pada tubuh yang kotor itu ia melihat cahaya wajah Rudita yang bersih dan ce¬rah, seolah-olah ia telah menemukan tata kehidupan yang baru.
Pada saat ia belum meninggalkan rumah itu, sebenarnya ia pun telah mulai dengan kerja seperti itu. Tetapi ibunya selalu melarang¬nya. Menasehatinya sepanjang sore bahkan sampai malam hari, agar ia menempuh tata kehidupan yang baik karena ia adalah anak dari keluarga yang berada.
“Tetapi tata kehidupan yang bagaimanakah yang dapat disebut baik?” pertanyaan itulah yang kadang-kadang tidak dapat disingkirkan dari hatinya.
Namun agaknya kini ibunya telah berubah sikap, seperti peru¬buhan yang tumbuh didalam diri Rudita sendiri. Sehingga karena itulah agaknya Rudita mulai tersentuh oleh perasaan tenang dikam¬pung halamannya sendiri.
Apalagi jika matahari telah turun, dan para petani sudah mandi dan melepaskan lelah diujung padukuhan, duduk sambil berkelakar ditemaramnya senja, rasa-rasanya damai yang sejati mulai memba¬yang dalam tata kehidupan yang justru terpisah dari peradaban yang semakin maju di kota-kota.
“Mereka tidak banyak mempunyai persoalan,” berkata Rudita didalam hatinya, ”dan agaknya perasaan mereka pun terbuka untuk mengerti, bahwa dengan saling mengasihi, maka hidup akan menjadi tenteram dan damai.”
Namun kadang-kadang Rudita masih harus bersedih hati jika pada suatu saat ia melihat dua orang tetangganya bertengkar. Mere¬ka kadang-kadang masih diusik oleh persoalan-persoalan kecil tanpa dapat saling memaafkan. Soal ayam yang mengais-ngais tanam¬an tetangganya. Soal kucing yang memecahkan genting ketika sedang mengejar tikus dirumah orang lain.
Rudita kadang-kadang terpaksa merenung didalam biliknya. Jika persoalan-persoalan kecil itu dapat menumbuhkan permusuhan dan tanpa dapat saling memaafkan, maka pantaslah bahwa dunia ini se¬lalu diganggu oleh pertengkaran dan usaha penyelesaian persoalan dengan kekerasan.
Namun dengan demikian, maka kerinduannya terhadap hidup yang tenang dan kedamaian yang sejati justru serasa semakin mem¬bara didadanya.
Setelah beberapa hari berada dirumah, Ki Waskita agaknya da¬pat melibat kegelisahan yang mulai nampak lagi pada anaknya. Ka¬rena itu, sebelum terlanjur, Ki Waskita mencoba untuk memberikan arah kepadanya, agar ia tidak dicengkam lagi oleh suatu keinginan untuk meninggalkan rumahnya.
“Dimanapun kau dapat mengutarakan sikapmu Rudita, dan kepada siapapun. Tentu saja harus dengan bijaksana, agar tidak timbul persoalan yang justru sebaliknya yang justru dapat menim¬bulkan kebencian.”
“Maksud Ayah, dirumah inipun aku dapat menyatakan sikap hidupku.”
“Ya. Dan kau mulailah dengan menyusun tata kehidupan dikampung halaman ini seperti yang kau bayangkan. Tata kehidupan yang tenang dan damai. Jika kau berhasil, maka dengan sendirinya, tata kehidupan yang demikian tentu akan berkembang.”
Rudita menarik nafas dalam-dalam. Sambil mengangguk-angguk ia berkata, ”Aku mengerti Ayah, meskipun tekanan dari sikap Ayah itu bukan semata-mata susunan tata kehidupanya dikampung halam¬an ini. Tetapi semata-mata agar aku tidak meninggalkan Ibu apabila pada suatu ketika Ayah ke Tanah Perdikan Menoreh menjelang per¬kawinan Pandan Wangi.”
“Kau memang cerdas sekali Rudita.”
“Tetapi aku bersedia Ayah. Aku berjanji bahwa aku tidak akan pergi lagi dari rumah ini. Meskipun tekanan dari maksud Ayah adalah agar aku tetap dirumah, namun aku akan mencobanya juga untuk mulai dengan lingkungan kecil ini. Jika lingkungan kecil ini menelok, maka aku tidak dapat membayangkan, apa yang akan ter¬jadi dengan Pajang, Mataram, dan Pati.”
Ki Waskita terdiam sejenak. Ternyata anaknya dapat melihat mak-sudnya yang sebenarnya. Meskipun demikian, ia dapat berlega hati, bahwa Rudita sudah menyanggupkan diri, bahkan berjanji untuk tidak meninggalkan rumahnya. Ia akan mencoba menyusun tata ke¬hidupan didalam lingkungan kecil itu untuk mewujudkan ketenang¬an yang diidamkan. Meskipun ia tahu, bahwa tidak ada lingkungan yang terpisah dari sekitarnya. Betapapun juga, keadaan disekitarnya akan langsung mempengaruhi tata kehidupan, dilingkungan kecil itu.
Tetapi Rudita sudah bertekad. Apalagi dilingkungan kecil bah¬kan seandainya ia harus berdiri seorang diripun, ia akan tetap berpe¬gangan pada dasar sikapnya itu.
“Ayah,” berkata Rudita kemudian, ”jika Ayah ingin segera kembali ke Tanah Perdikan Menoreh, maka sebaiknya Ayah tidak ragu-ragu meninggalkan Ibu dirumah.”
Ayahnya merenung sejenak. Namun kemudian ia menarik na¬fas dalam-dalam sambil berkata, ”Kau benar-benar sudah dewasa Rudita. Aku berterima kasih kepadamu, bahwa kau telah berusaha untuk mengerti persoalan yang sama-sama kita hadapi,” ia berhen¬ti sejenak, lalu, ”baiklah. Aku sekarang tidak ragu-ragu lagi meninggalkan rumah ini. Aku memang ingin mendahului pergi ke Ta¬nah Perdikan Menoreh.”
“Apakah kelak, aku dan Ibu harus menyusul?”
“Jika aku sempat, aku akan menjemput ibumu. Kira-kira lima atau enam hari sebelum hari-hari perkawinan itu.”
Rudita mengangguk-angguk.
“Kita masih bersangkut paut keluarga, sehingga kurang pan¬tas rasanya jika kita hadir langsung pada saat perkawinan itu.”
“Baiklah Ayah.”
“Biarlah aku sendiri akan mengatakannya kepada ibumu.”
Rudita mengangguk. Katanya, ”Ibu tentu perlu mempersiap¬kan sumbangan yang akan kita bawa ke Tanah Perdikan Menoreh.”
“Ya. Tetapi agaknya ibumu memang sudah mulai memikirkan.”
“.Mudah-mudahan Ibu dapat melupakan kekecewaannya,” desis Rudita kemudian.
“Kenapa ibumu kecewa?”
“Akulah yang menyebabkannya. Disaat-saat hatiku masih diliputi oleh kegelapan, maka rasa-rasanya aku memang ingin men¬dapatkan sesuatu dari Pandan Wangi. Ternyata Ibu menganggap bah¬wa hal itu adalah wajar sekali, dan bahkan Ibu sependapat apabila hal itu terjadi.”
Ki Waskita mengangguk-angguk. Tetapi ia sama sekali tidak menyangka bahwa Rudita mengetahui pula akan hal itu. Untunglah bahwa kemudian Rudita menemukan kepribadiannya yang masak, sehingga ia akan dapat menguasai dirinya sendiri.
“Baiklah Rudita. Aku akan mengatakannya kepada ibumu. Biarlah yang sudah berlalu itu kita lupakan. Mudah-mudahan ibumu tidak keras hati seperti saat-saat lampau menghadapi persoalanmu, karena kau adalah satu-satunya anak yang menurut pendapatnya perlu dimanjakannya.”
Rudita menarik nafas dalam-dalam. Sekilas terbayang masa. lampaunya yang kini terasa aneh bagi dirinya sendiri.
Dalam pada itu, maka Ki Waskita pun kemudian menemui iste¬rinya dan menyatakan maksudnya.
“Kau akan pergi mendahului kami?” bertanya isterinya.
“Aku sudah berjanji untuk membantunya. Mungkin Ki Gede memerlukan pertimbangan-pertimbangan bagi hari-hari perkawinan anaknya itu.”
“Bukankah di[Tanah Perdikan Menoreh sudah banyak orang-orang tua yang akan dapat membantunya membuat perhitungan saat dan waktu?”
”Ya. Tetapi mungkin. Ki Gede memerlukan orang lain. Dan orang lain itu adalah aku.”
Isterinya mulai berpikir.
“Sementara itu, kau dapat menyiapkan sumbangan apakah yang akan kita bawa ke Tanah Perdikan Menoreh. Kau harus dapat memilih, karena aku kira Tanah Perdikan Menoreh telah penuh de¬ngan berbagai macam bahan yang diperlukan. Justru aku kira sudah berlebih-Iebihan.”
Nyai Waskita menarik nafas. Memang masih membayang ke-kecewaan itu disorot matanya. Ia masih juga membayangkan, betapa senangnya mempunyai menantu seorang gadis seperti Pandan Wangi. Seorang gadis yang mempunyai sifat dan kemampuan yang melampaui gadis-gadis kebanyakan. Ia pandai berburu, tetapi ja ju¬ga seorang pengatur rumah tangga yang baik. Sejak kecil ia sudah belajar mengatur isi rumahnya dan melayani keluarganya. Apalagi ia sudah tidak beribu lagi, sehingga semua tanggung jawab rumah tangganya seolah-olah dibebankan kepadanya seluruhnya.
Tetapi Pandan Wangi itu akan menjadi menantu orang lain. Dan kini yang dapat dilakukannya hanyalah melihat saat-saat perkawinan itu berlangsung dan membawa sumbangan bagi peralatan perkawinan itu.
Meskipun demikian, ia pun kemudian menjawab, ”Baiklah Kakang. Selama Kakang pergi menjelang hari perkawinan Angger Pandan Wangi, aku akan mempersiapkan sumbangan yang barangkali bermanfaat bagi pengantin itu.”
“Aku akan berusaha untuk menjemputmu dan Rudita sepekan sebelum perkawinan itu berlangsung.”
“Baiklah. Kami akan menunggu,” jawab Nyai Waskita, ”tetapi jika sepekan sebelum hari perkawinan itu kau tidak datang, keesokan harinya aku akan berangkat bersama Rudita dan barang¬kali satu dua orang pelayan.”
Ki Waskita mengangguk-angguk. Katanya, ”Tetapi aku akan berusaha. Justru mendekati hari-hari perkawinan kesibukan akan berpindah ke dapur. Dan aku akan mempunyai waktu terluang,” ia tertegun sejenak, lalu, ”ah, itu pun kalau aku memang diperlukan di Minoreh.”
Demikianlah Ki Waskita pun kemudian mempersiapkan dirinya. Keesokan harinya, di dini hari ia akan berangkat seorang diri ke Tanah Perdikan Menoreh.
Namun dalam pada itu, ia tidak dapat melupakan kemungkinan yang dapat terjadi sementara Tanah Perdikan Menoreh sibuk dengan persiapan perkawinan Swandaru dengan Pandan Wangi. Masih saja terbayang sepasukan yang kuat melingkari Gunung Merapi seperti seekor ular naga yang merayap dilambung bukit itu, sementara dari arah lain, sekelompok orang-orang sakti dengan mengendap-endap dan bersembunyi membawa jenis pusaka yang lain untuk dipersatukan disuatu tempat.
“Suatu tempat yang harus/diketemukan,” desis Ki Waskita.
Namun ia masih mencoba untuk menggeser persoalan itu be¬tapapun menggelisahkannya menghadapi hari perkawinan Pandan Wangi.
Ketika matahari mulai membayang di Timur dikeesokan hari¬nya, Ki Waskita sudah mempersiapkan kudanya. Ia masih sempat makan pagi sebelum ia memanggil Rudita dan isterinya.
”Hati-hatilah dirumah,” berkata Ki Waskita kepada anak laki-lakinya, ”kau jangan menggelisahkan hati orang tuamu lagi.”
“Baik Ayah. Bukankah aku sudah berjanji bahwa aku tidak akan pergi lagi.”
“Dan selama ini Nyai dapat mempersiapkan sumbangan yang akan kita bawa bersama ke Tanah. Perdikan Menoreh seperti yang Nyai katakan,” berkata Ki Waskita kepada isterinya.
“Baiklah Kakang.”
“Sudah waktunya aku berangkat. Hari perkawinan itu menjadi semakin sibuk.”
“Apakah Ki Gede masih juga curiga terhadap adiknya, Ki Argajaya?” bertanya Nyai Waskita.
Ki Waskita menarik nafas dalam-dalam. Katanya, ”Aku tidak tahu. Tetapi agaknya Ki Gede Menoreh bukan seorang pendendam. Meskipun demikian, agaknya retak yang pernah terjadi itu tidak akan dapat pulih seperti sediakala.”
Isterinya mengangguk angguk. Ia pun mengetahui bahwa pernah terjadi persoalan yang gawat antara kakak beradik pewaris Tanah Perdikan Menoreh itu. Bahkan seakan-akan Tanah Perdikan Me¬noreh seolah-olah terbakar oleh api benturan yang dahsyat antara kedua kakak beradik. Kehadiran Sidanti di kampung halamannya bersama gurunya, Ki Tambak Wedi, membuat api di atas Tanah Perdikan itu menjadi bagaikan neraka.
“Tetapi agaknya Ki Argajaya telah benar-benar menyadari kekeliruannya,” berkata Ki Waskita kemudian, ”dan agaknya Ki Gede pun telah memaafkannya. Didalam saat perkawinan Pandan Wangi, sudah tentu Ki Argajaya akan menjadi sibuk pula sebagai¬mana seorang Paman yang ikut menyelenggarakan hari-hari perka¬winan kemanakannya.”
Ketika matahari mulai menjenguk diatas cakrawala maka Ki Waskita pun kemudian minta diri untuk mendahului pergi ke Tanah Perdikan Menoreh.
Rudita dan Nyai Waskita melepaskannya sampai ke regol ha¬laman. Mereka masih saja berdiri mengawasi keberangkalan Ki Waskita, sampai ia hilang ditikungan.
Dalam pada itu, kuda Ki Waskita berderap semakin cepat. Ia sama sekali tidak mencemaskan lagi anak laki-lakinya. Ia percaya bahwa Rudita akan memegang janjinya, tidak lagi meninggalkan ibunya.
Sementara itu, jalan yang menjelujur dihadapannya masih nampak basah oleh embun. Rerumputan yang hijau nampak berkilat-kilat memantulkan cahaya matahari yang jatuh pada titik-titik embun yang bertengger.
Ki Waskita menarik nafas. Udara pagi rasa-rasanya membuat tubuhnya menjadi semakin segar. Angin yang sejuk mengalir per¬lahan-lahan. Tetapi karena derap kudanya, maka rasa-rasanya wa¬jahnya menjadi semakin dingin disapu deh angin pagi itu.
Tidak ada yang dicemaskan diperjalanan. Tanah Perdikan Me¬noreh rasa-rasanya tidak lagi pernah diganggu oleh kerusuhan. Na¬mun, jika teringat oleh Ki Waskita, orang-orang yang sedang me¬nyingkirkan pusaka-pusaka yang mereka curi dari Mataram itu, rasa-rasa¬nya dadanya berdesir juga.
“Tetapi sementara ini tentu tidak akan timbul persoalan di atas Tanah Perdikan Menoreh,” katanya didalam hati. Tetapi kemudian, ”Mudah-mudahan.”
Kudanya masih berpacu dibulak-bulak panjang. Ia justru me¬rasa perjalanan itu menyenangkan, meskipun hanya seorang diri. Udara yang segar, padi yang hijau dan cahaya matahari pagi yang mulai terasa hangat dikulit.
Namun Ki Waskita itu pun kemudian mengerutkan keningnya ketika ia melihat dikejauhan debu yang mengepul, ia melihat beberapa ekor kuda yang berlari berlawanan arah, sehingga semakin lama justru menjadi semakin dekat.
“Siapakah mereka?” desis Ki Waskita.
Tetapi Ki Waskita tidak merubah kecepatan kudanya. Ia ber¬pacu terus, seolah-olah tidak melihat sesuatu dihadapannya.
Namun demikian, semakin dekat kuda-kuda itu, rasa-rasanya menjadi semakin berdebar-debar juga.
“Tiga ekor kuda,” desisnya.
Mereka pun kemudian berpapasan ditengah bulak. Seolah-olah masing-masing tidak saling menghiraukan. Ketiga orang itu hanya berpaling sejenak, memandang wajah Ki Waskita yang kosong. Se¬dang Ki Waskita berpalingpun tidak. Tetapi sebenarnyalah bahwa ia sempat menangkap kesan diwajah ketiga orang berkuda itu meski¬pun hanya sekedar dugaan, bahwa ketiganya tergesa-gesa.
“Tidak ada yang menarik,” desis Ki Waskita sambil memperlambat derap kudanya. Hampir diluar sadarnya ia pun berpaling.
Namun terasa jantungnya berdegup semakin cepat, ketika jus¬tru pada saat yang bersamaan ketiga orang itu pun berpaling pula.
“Mereka berpaling seperti aku juga berpaling,” desis Ki Waskita.
Ki Waskita mencoba menghilangkan semua kesan yang timbul dihatinya. Kecemasan yang memang sudah ada didalam dadanya tentang orang-orang yang berada di Tambak Wedi, dan orang-orang yang mengaku dirinya tukang satang yang dengan demikian mereka harus mempertaruhkan nyawanya, membuatnya mulai mereka-re¬ka hubungan antara orang-orang itu dengan mereka yang telah men¬curi pusaka-pusaka dari Mataram.
“Ah, aku terlampau cengeng,” Ki Waskita kemudian.
Dengan demikian Ki Waskita pun mencoba menghilangkan semua dugaan tentang orang-orang berkuda itu. Adalah wajar sekali. Tidak ada yang aneh. Tiga orang yang sedang bepergian melalui jalan ini.”
Ki Waskita pun berpacu terus menuju ke padukuhan induk Tanah Perdikan Menoreh.
Namun tiba-tiba saja Ki Waskita menjadi berdebar-debar pula. Ia melihat lagi orang berkuda dihadapannya. Semakin lama menjadi semakin dekat.
“Siapa lagi mereka itu?”desisnya. Namun kemudian, ”Hanya seorang saja.”
Seperti yang baru saja dilakukannya, ia mencoba mengusir se¬gala macam kegelisahannya mengenai orang berkuda itu. Seperti yang baru saja dilakukannya ia memaksa dirinya berkata didalam hati, ”Adalah wajar sekali. Tidak ada yang aneh.”
Tetapi terasa debar jantungnya menjadi semakin cepat ketika ia melihat kuda dihadapannya itu menjadi semakin lambat dan ke¬mudian berhenti.
“Ah, apalagi yang akan terjadi?” desisnya.
Seperti yang telah diduga, maka orang berkuda itu pun melam-baikan tangannya, memberi isyarat kepadanya untuk berhenti.